Kompas.com - 03/03/2021, 10:00 WIB
Seorang tenaga kesehatan menunggu giliran waktu bertugas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (2/3/2021). Hingga satu tahun berselang, pada 1 Maret 2021, pemerintah mencatat ada 1.341.314 kasus positif COVID-19 di Indonesia sejak pengumuman kasus pertama. Dari jumlah kasus tersebut, 1.151.915 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh sementara 36.325 orang lainnya meninggal dunia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJASeorang tenaga kesehatan menunggu giliran waktu bertugas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (2/3/2021). Hingga satu tahun berselang, pada 1 Maret 2021, pemerintah mencatat ada 1.341.314 kasus positif COVID-19 di Indonesia sejak pengumuman kasus pertama. Dari jumlah kasus tersebut, 1.151.915 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh sementara 36.325 orang lainnya meninggal dunia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.


KOMPAS.com - Menurut data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah kasus infeksi Covid-19 global meningkat untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu.

Laporan WHO ini menjadi salah satu berita populer Sains.

Selain laporan WHO, kemarin juga bertepatan dengan satu tahun konfirmasi Covid-19 di Indonesia. Selama setahun ini, banyak teori konspirasi dan hoaks soal Covid-19 yang beredar di masyarakat.

Hingga pertanyaan terkait apakah mobil listrik lebih baik untuk Bumi?

Baca juga: [POPULER SAINS] Arti Covid-19 Jadi Endemik | Dampak Klaster Perkantoran pada Keluarga

Berikut ulasan berita populer Sains edisi 1-2 Maret 2021 yang layak Anda simak:

1. Pertama kalinya, Kasus Covid-19 Naik dalam 7 Minggu

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan, jumlah infeksi virus corona global meningkat untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dalam sebuah pengarahan di Jenewa bahwa peningkatan kasus ini mengecewakan, tapi tidak mengherankan.

Tedros menambahkan, tren peningkatan kasus Covid-19 terjadi di banyak negara di dunia selain Afrika dan kawasan Pasifik Barat.

"Kenaikan kasus tampaknya terjadi karena penerapan protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat longgar, kemudian muncul varian baru, dan orang-orang lengah (dengan Covid-19)," kata Tedros seperti dilansir Aljazeera, Selasa (2/3/2021).

Baca selengkapnya temuan WHO di sini:

WHO: Infeksi Covid-19 Global Naik untuk Pertama Kalinya dalam 7 Minggu

2. Setahun Pandemi, 6 Teori Konspirasi soal Covid-19

Setahun pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, banyak sekali teori konspirasi yang ikut mewarnai sumber-sumber informasi terkait pandemi ini di tanah air.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X