Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepertiga Populasi Ikan Air Tawar Dunia Terancam Punah, Ini Sebabnya

Kompas.com - 23/02/2021, 19:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Sebuah laporan memperingatkan penurunan populasi yang "parah" pada ikan air tawar, dengan hampir sepertiganya terancam punah.

Kelompok pelestari lingkungan mengatakan 80 spesies ikan tawar diketahui telah punah, bahkan sebanyak 16 spesies punah pada tahun lalu saja.

Jutaan orang mengandalkan ikan air tawar sebagai sumber makanan dan sumber mata pencaharian melalui memancing dan perdagangan hewan peliharaan.

Tetapi jumlah populasinya anjlok karena dampak polusi, penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, serta pembendungan dan pengeringan sungai dan lahan basah.

Baca juga: Ikan Gergaji Spesies Unik yang Terancam Punah di Lautan Dunia

Laporan tersebut mengatakan populasi ikan yang bermigrasi telah turun tiga perempat dalam 50 tahun terakhir.

Dalam kurun waktu yang sama, populasi spesies yang lebih besar, yang dikenal sebagai "megafish", turun 94 persen.

Demikian ungkap laporan bertajuk "The World's Forgotten Fishes", yang dibuat oleh 16 kelompok pelestari lingkungan - termasuk WWF, London Zoological Society (ZSL), Global Wildlife Conservation, dan The Nature Conservancy.

Di perairan Inggris, ikan sturgeon dan burbot telah lenyap, salmon menghilang, dan belut Eropa tetap terancam punah.

Menurut WWF, sebagian besar penurunan populasi disebabkan oleh kondisi sungai yang buruk, sebagian besar disebabkan oleh polusi, bendungan, dan limbah.

Organisasi itu telah meminta pemerintah untuk memulihkan habitat air tawar melalui penegakan hukum yang ada, memperkuat perlindungan dalam RUU Lingkungan dan memperjuangkan serangkaian target global yang kuat untuk pemulihan alam.

Dave Tickner dari WWF mengatakan bahwa habitat air tawar termasuk yang paling hidup di bumi, tetapi - seperti yang ditunjukkan laporan tersebut - habitat air tawar mengalami penurunan yang parah di seluruh dunia.

"Alam dalam kondisi terjun bebas dan Inggris tak terkecuali: satwa liar berjuang untuk bertahan hidup, apalagi berkembang biak, di perairan kita yang tercemar," kata kepala penasihat WWF untuk urusan air tawar itu.

"Jika kita ingin menanggapi janji pemerintah tentang lingkunan dengan serius, mereka harus bertindak bersama, membersihkan sungai dan memulihkan habitat air tawar kita [agar] menjadi lebih sehat."

Carmen Revenga dari Nature Convervancy mengatakan ikan air tawar sangat beragam dan kelompok spesies yang unik.

Mereka tak hanya penting untuk kesehatan fungsi sungai, danau, dan lahan basah kita, tetapi juga bagi jutaan orang, terutama orang miskin, yang bergantung untuk sumber makanan dan pendapatan mereka.

Baca juga: Gletser Mencair, Bunga Endemik Pegunungan Alpen Terancam Punah

"Sekarang lebih mendesak dari sebelumnya bahwa kita perlu menemukan kemauan politik secara kolektif dan kolaborasi efektif dengan sektor swasta, pemerintah, LSM dan masyarakat, untuk menerapkan solusi berbasis alam yang melindungi spesies air tawar, sambil juga memastikan kebutuhan manusia terpenuhi," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Dr Jeremy Biggs dari Freshwater Habitats Trust, mengatakan untuk melindungi keragaman hayati ikan air tawar, kita perlu mempertimbangkan perairan besar dan kecil, dan untuk melindungi semua air tawar kita: kolam, danau, sungai dan sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com