Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2021, 10:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com- Ikan gergaji adalah spesies unik dengan bentuk fisik yang khas pada mulutnya. Sejenis ikan pari dengan moncong menyerupai gergaji dan merupakan sepsies ikan paling terancam punah yang hidup di lautan.

Dilansir dari BBC News, Minggu (21/2/2021), ikan gergaji sebelumnya pernah ditemukan di sepanjang garis pantai di 90 negara di dunia.

Namun menurut studi baru, sekarang hewan ini dianggap punah di lebih dari setengah negara tersebut.

Para ahli mengungkapkan bahwa ikan unik ini punah karena kehilangan habitat dan tak sedikit yang berakhir dengan terjerat jaring ikan nelayan.

Moncong ikan yang menyerupai gergaji ini, berevolusi untuk merasakan dan menyerang mangsa, kini justru 'gergaji' tersebut menjadi beban dan membuat ikan-ikan ini rawan terjebak dalam perangkap.

Baca juga: Hiu dan Ikan Pari di Ambang Kepunahan, Apa yang Bisa Dilakukan?

 

"Melalui penderitaan ikan gergaji, kami mendokumentasikan kasus-kasus pertama ikan di lautan berskala besar yang terancam punah secara lokal akibat penangkan ikan yang berlebihan," kata Prof Nick Dulvy dari Simon Fraser University (SFU) di British Columbia, Kanada.

Menurut Daftar Merah Spesies Terancam Punah dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), dari lima spesies unik ikan gergaji, tiga di antaranya kritis terancam punah (critical endangered). Sementara dua lainnya terdaftar sebagai terancam punah (endangered).

Ikan gergaji sering disebut hiu gergaji dan nama lain dari ikan todak. Dalam studi tersebut, sebelumnya, pari gergaji ini sekarang dianggap punah di 55 negara.

Ada 18 negara, di mana setidaknya satu spesies ikan todak hilang, dan di 28 negara lainnya, dua spesies ikan hiu todak ini telah benar-benar menghilang.

Dari negara-negara itu, spesies unik ikan gergaji ini sekarang punah di China, Irak, Haiti, Jepang, Timor-Leste, El Salvador, Taiwan, Djibouti dan Brunei.

Baca juga: Unik, Ikan Berjalan Langka Ini Menampakkan Diri di Perairan Australia

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com