Kompas.com - 05/02/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi dampak perubahan iklim pada bumi SHUTTERSTOCK/ParabolStudioIlustrasi dampak perubahan iklim pada bumi

KOMPAS.com - Konsentrasi karbon dioksida (CO2) di atmosfer akan melonjak melewati ambang batas pada tahun ini.

Ini artinya akan melebihi 417 bagian per juta (ppm) atau meningkat sebanyak 50 persen sejak dimulainya aktivitas industri yang meluas di abad ke-18.

Seperti dikutip dari Live Science, Kamis (4/2/2021) perkiraan ini diungkapan oleh Met Office, layanan meteorologi nasional Inggris.

Met Office menggunakan data yang dikumpulkan di Observatorium Mauna Loa di Hawaii.

Baca juga: Terungkap, Dampak Karbon Dioksida pada Bumi 30 Juta Tahun Lalu

Observatorium Mauna Loa sendiri memiliki catatan konsentrasi CO2 di atmosfer terlama di dunia.

Sejak ilmuwan iklim Charles David Keeling memulai pencatatan ini pada tahun 1958, para ilmuwan telah menggunakan data tersebut untuk melacak tingkat CO2 di atmosfer menggunakan Kurva Keeling, sebuah grafik yang telah menjadi simbol ikonik dari pengaruh pertumbuhan umat manusia pada sistem iklim global.

Met Office memaparkan, meski ada sedikit penurunan emisi gas rumah kaca global pada tahun 2020 karena pandemi dan juga La Niña yang terjadi saat ini, tetapi hal tersebut tak cukup untuk mengimbangi kenaikan level CO2 yang terjadi sebelumnya.

Met Office mencatat jumlah total emisi CO2 di seluruh dunia pada tahun 2020 turun 7 persen, namun menurut Met Office emisi hampir kembali ke tingkat sebelum pandami.

Sementara La Niña yang menyebabkan cuaca dingin sejak pertengahan tahun 2020, sebenarnya diharapkan dapat menurunkan laju peningkatan CO2 tahun ini.

Hal ini disebabkan adanya peningkatan sementara sejumlah karbon yang tersimpan di ekosistem, seperti hutan tropis yang tumbuh lebih cepat dalam kondisi lebih dingin.

Baca juga: Mangrove Indonesia Bisa Serap dan Simpan Karbon Dioksida Global

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X