Terungkap, Dampak Karbon Dioksida pada Bumi 30 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 09/09/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Mempelajari misteri Bumi di masa lalu terus menjadi fokus para ilmuwan dan peneliti dunia. Salah satunya perubahan iklim Bumi dan dampaknya di masa kini.

Peneliti meyakini bahwa dengan mempelajari perubahan iklim Bumi di masa lalu secara geologis, maka pemanasan global di abad-abad mendatang dapat diprediksi dengan lebih baik.

Seperti yang dilakukan para pakar dari Jerman, Amerika Serikat dan Inggris, termasuk dari University of Southampton, yang mencoba meneliti lebih dalam tentang perubahan iklim Bumi di masa lalu.

Studi yang telah diterbitkan di jurnal Nature Communications ini, telah mengamati lebih dekat iklim selama periode Zaman Eosen lebih dari 30 juta tahun yang lalu. Saat itu, suhu global berkisar 14 derajat Celcius, lebih hangat dari hari ini.