Ilmuwan Ciptakan Penangkal Virus untuk Kurangi Infeksi di Rumah Sakit

Kompas.com - 04/02/2021, 18:26 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber ABC

KOMPAS.com- Ilmuwan di Queensland University of Technology (QUT) akan menguji perawatan logam baru 'etsa basah' yang diaplikasikan pada permukaan benda seperti troli, tempat tidur dan peralatan rumah sakit untuk menangkal infeksi virus.

Spesialis perangkat medis QUT, Profesor Prasad Yarlagadda mengatakan studi ini dilakukan bekerja sama dengan Profesor Kristen Spann, yang meneliti struktur nano pada permukaan logam yang dapat menonaktifkan virus dan bakteri dalam beberapa jam.

Dilansir dari ABC, Kamis (4/2/2021), studi ini tentang penangkal virus ini telah dipublikasikan tahun lalu dan penelitian lebih lanjut selama pandemi ini difokuskan pada teknik etsa basah.

Studi ini diupayakan untuk mengatasi dan mengurangi tingkat infeksi SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19, yakni sebagai penangkal virus corona.