Studi Tunjukkan Seberapa Cepat Virus Corona Menyebar di Rumah Sakit

Kompas.com - 12/06/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi penanganan medis pasien positif Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan medis pasien positif Covid-19

KOMPAS.com - Virus corona SARS-CoV-2 yang bertanggung jawab untuk Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 7,5 juta orang di dunia dan menyebabkan lebih dari 423.000 orang meninggal dunia.

Belum lama ini, para peneliti menerbitkan sebuah penelitian yang menyelidiki seberapa cepat virus DNA dapat menyebar di permukaan yang terkontaminasi di lingkungan rumah sakit.

Seperti yang dilaporkan dalam Journal of Hospital Infections, para ahli sengaja menempatkan DNA dari virus yang menginfeksi tanaman ke tempat tidur pasien dan melacak bagaimana penyebarannya.

Virus yang digunakan sama sekali tidak membahayakan manusia.

Baca juga: Update Corona 12 Juni: 7,58 Juta Orang Terinfeksi dan 3,83 Juta Sembuh

Tim juga menambahkan sedikit air ke virus itu untuk mereplikasi konsentrasi yang ditemukan dalam salinan pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2.

Setelah 10 jam, virus yang menginfeksi tanaman ditemukan di sekitar 41 persen sampel bangsal.

Setelah tiga hari, penyebarannya meningkat menjadi 59 persen. Lalu, pada hari kelima, penyebaran menurun ke tingkat 41 persen lagi.

Dilansir IFL Science, Kamis (11/6/2020), studi ini menggambarkan pentingnya membersihkan permukaan dan menjaga kebersihan dengan baik.

Apa yang harus dilakukan?

Terkait penyebaran virus corona SARS-CoV-2, hingga saat ini masih banyak yang belum diketahui.

Inilah sebabnya mengapa menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing), penggunaan masker, memakai kacamata, dan selalu mencuci tangan dengan sabun harus dilakukan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X