Teka-teki Kumbang Bercahaya, Fosil 99 Juta Tahun Ini Beri Petunjuknya

Kompas.com - 26/01/2021, 12:03 WIB
Rekonstruksi kumbang purba, Cretophengodes. Kumbang bercahaya ini menjelajahi hutan tropis Asia Tenggara hampir 100 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous (Zaman Kapur). ROYAL SOCIETY PUBLISHING/Chinese Academy of Sciences/Chenyang CaiRekonstruksi kumbang purba, Cretophengodes. Kumbang bercahaya ini menjelajahi hutan tropis Asia Tenggara hampir 100 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous (Zaman Kapur).

KOMPAS.com- Kumbang bercahaya telah lama memukau para ilmuwan, tetapi sedikit yang mengetahui bagaimana hewan-hewan ini mendapatkan kemampuannya.

Namun kini teki-teki dari mana asal kemampuan itu mulai terkuak.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (25/1/2020) misteri tersebut terungkap setelah peneliti menemukan fosil seekor kumbang berusia 99 juta tahun.

Kumbang yang dikenal dengan nama latin Cretophengodes itu menurut peneliti mampu membuka sepotong teka-teki evolusi kumbang.

Saat ditemukan, kumbang purba itu terjebak di sepotong batu amber di Myanmar utara. Lokasi ini memang penuh dengan kehidupan serangga selama periode Cretaceous.