Ahli Ciptakan Kamera Super Mini untuk Kumbang, Ini Tujuannya

Kompas.com - 27/07/2020, 07:25 WIB
Tim peneliti ciptakan kamera super-mini yang dapat dipasang di atas punggung seekor kumbang. Mark Stone/University of Washington via BBC IndonesiaTim peneliti ciptakan kamera super-mini yang dapat dipasang di atas punggung seekor kumbang.

KOMPAS.com - Para peneliti telah mengembangkan kamera nirkabel berukuran kecil yang cukup ringan untuk dibawa seekor kumbang.

Tim peneliti di Universitas Washington, Amerika Serikat (AS), terinspirasi dari hewan-hewan serangga untuk menciptakan sistem kamera berdaya rendah.

Kamera berukuran kecil ini dapat mengalirkan hingga lima frame per detik dengan resolusi rendah untuk dihubungkan ke telepon pintar di dekatnya.

Hasil penelitian telah diterbitkan dijurnal Science Robotics.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kadal Bisa Menumbuhkan Ekor Lebih dari Satu

Keseluruhan piranti kamera memiliki berat hanya 250 miligram, yaitu sekitar sepersepuluh dari berat kartu remi.

Walaupun sensor kamera ini beresolusi rendah, dan hanya mampu menangkap gambar dengan piksel berukuran 160 x 120 piksel, alat sensornya dipasang pada lengan mekanik yang dapat bergeser dari sisi ke sisi.

Hal ini memungkinkan kamera untuk melihat dari sisi ke sisi dan menangkap gambar panorama dengan resolusi tinggi.

Untuk menghemat penggunaan baterai, para peneliti menyertakan accelerometer - suatu sensor yang dipakai untuk mengukur kecepatan suatu benda atau objek - dalam sistem kamera itu, sehingga hanya mengambil foto ketika kumbang itu bergerak.

Dengan cara ini, kamera tersebut dapat beroperasi selama enam jam saat kapasitas baterainya penuh.

Keberadaan kamera mini ini tidak akan melukai kumbang itu. Hewan serangga itu "dapat bertahan hidup selama setidaknya satu tahun" setelah akhir percobaan.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X