Kompas.com - 12/12/2020, 18:04 WIB
Spesies ular baru yang ditemukan di Vietnam oleh tim ilmuwan Amerika Serikat dan Vietnam. Ular aneh bersisik warna-warni ini dinamai Achalinus zugorum dan berasal dari genus ular langka, Achalinus. American Society of Ichthyologists and HerpetologistsSpesies ular baru yang ditemukan di Vietnam oleh tim ilmuwan Amerika Serikat dan Vietnam. Ular aneh bersisik warna-warni ini dinamai Achalinus zugorum dan berasal dari genus ular langka, Achalinus.


KOMPAS.com- Saat meneliti keanekaragaman hayati di pegunungan dan hutan Vietnam, para ilmuwan tidak sengaja menemukan spesies ular baru yang unik.

Tim ilmuwan dari Amerika Serikat dan Vietnam, pada tahun 2019, sedang meneliti ekologi lanskap di antara formasi batu kapur, sungai dan lembah di tengah hutan lebat Vietnam utara.

Eksplorasi untuk menangkap informasi tentang berbagai macam flora dan fauna di kawasan itu, tim ilmuwan ini harus mendaki pada malam hari, mengarungi sungai dan menelusuri hutan.

Akan tetapi, dalam perjalanan menuju lokasi survei, tim peneliti ini melihat seekor ular dan mereka memutuskan untuk berhenti untuk menyelidikinya.

Baca juga: Mengenal Ular Kobra Jawa yang Banyak Ditemui di Permukiman Jakarta

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari The Independent, Sabtu (12/12/2020), keunikan ular ini memiliki sisik warna-warni gelap, yang bergeser hampir seperti hologram dari biru elektrik menjadi hijau asam dalam cahaya. Sisik-sisik ini juga tertata dalam pola yang tidak biasa.

Alih-alih sisiknya saling bertumpu satu sama lain, seperti yang biasa terjadi pada ular, namun sisik ular unik ini tampak bergerigi dan terletak pada apa yang dikenal sebagai pola keeled (lunas), sehingga membuatnya dijuluki 'ular bersisik ganjil'.

Selain itu, keunikan lain dari spesies ular ini yakni memiliki mata yang tidak biasa, kekurangan fotoreseptor.

Ciri ini menunjukkan bahwa ular tersebut menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah atau di bawah serasah daun di dalam hutan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X