Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ular Kobra Jawa yang Banyak Ditemui di Permukiman Jakarta

Kompas.com - 17/11/2020, 20:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Fenomena ular kobra bermunculan selama musim hujan sering kali terjadi. Bahkan, tak sedikit yang ditemui di kawasan permukiman, seperti di Jakarta dan sekitarnya.

Spesies ular kobra yang banyak ditemukan ini adalah jenis ular kobra Jawa bernama latin Naja sputatrix.

Menurut ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, ada dua spesies ular kobra di Indonesia.

Selain ular kobra Jawa, ada juga Naja sumatrana atau ular kobra Sumatera. Amir mengatakan ular kobra Jawa, banyak ditemui di Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara hingga Flores.

"Sedangkan Naja sumatrana atau ular kobra Sumatera kebanyakan ada di Sumatera dan Kalimantan," kata Amir saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Waspada Fenomena Ular Kobra Bermunculan di Musim Hujan, Ini Kata Ahli

 

Amir mengungkapkan dari data penemuan ular yang banyak dilaporkan di Jakarta dan sekitarnya atau wilayah Jabodetabek, ular kobra paling sering dijumpai.

Habitat asli ular ini yakni di area persawahan, pekarangan hingga permukiman. Ular kobra juga merupakan spesies reptil yang paling mudah beradaptasi dan mudah berkembang biak.

"Khususnya di Jawa. Wilayah ini menyediakan konversi habitat yang sudah sangat masif, termasuk adanya lahan persawahan," ungkap Amir.

Menurut Amir, lahan persawahan membuat populasi ular kobra meningkat, karena banyak potensi makanan atau mangsa bagi ular ini, yakni tikus.

Namun, semakin sedikit predator alami, seperti elang hingga biawak, maka semakin membuat populasi ular, termasuk ular kobra naik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com