Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Pengukuran Gunung Everest "Tumbuh" Makin Tinggi, Begini Penjelasannya...

Kompas.com - 09/12/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Gunung Everest adalah titik tertinggi di Bumi, pegunungan yang melintasi perbatasan Nepal dan China.

Selama bertahun-tahun, kedua negara ini berdebat tentang ketinggian Gunung Everest.

Namun akhirnya di tahun 2020 ini, China dan Nepal menyepakati bahwa ketinggian Gunung Everest tepatnya adalah 8.848,86 meter, diumumkan dalam konferensi pers di Kathmandu, Selasa (8/12/2020).

Artinya, ketinggian gunung ini 86 cm lebih tinggi dari ukuran sebelumnya yang diakui Nepal, dan lebih dari 4 meter di atas angka resmi China, seperti dilansir dari Science Alert, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Mikroplastik Ditemukan di Dekat Puncak Gunung Everest

 

Pengukuran ketinggian awal Gunung Everest pertama kali dilakukan oleh seorang ahli geografi di masa kolonial Inggris. Dia yang pertama kali menentukan ketinggian Gunung Everest pada tahun 1856.

Dengan menggunakan trigonometri ratusan mil jauhnya di dataran India, akhirnya diperoleh ketinggian awal saat itu 8.840 meter di atas permukaan laut.

Beda pengukuran antara Nepal dan China

Setelah dua pendaki pertama yang mencapai puncak Everest pada 29 Mei 1953, Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa, dalam survei India menyesuaikan ketinggian gunung tersebut menjadi 8.848 meter.

Baca juga: Gunung Mana yang Tertinggi Sedunia, Everest atau Mauna Kea?

 

Sejak itu, ukuran tersebut diterima secara luas, dengan angka yang tidak hanya menarik bagi pendaki gunung, tetapi juga nama yang menginspirasi banyak hal.

Selanjutnya, pada tahun 1999, US National Geographic Society menyimpulkan titik tertinggi di dunia adalah 8.850 meter. Akan tetapi, Nepal tidak pernah secara resmi mengakui hal tersebut.

Lantas, mengapa ada perbedaan ukuran ketinggian Gunung Everest antara Nepal dan China?

Perbedaan ketinggian gunung tersebut terjadi karena China yang mengukur pangkalan batuan di puncak dan bukan dari selubung salju dan es di puncak gunung ini.

China melakukan beberapa survei sendiri dan pada tahun 2005 diperoleh angka 8.844,43 meter untuk ketinggian gunung tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com