Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2020, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Jika dibandingkan dengan sakit kepala lainnya, migrain adalah jenis sakit kepala yang menyebabkan sensasi berdenyut intens dan biasanya terjadi di satu area kepala.

Selain itu, bisa juga disertai mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya atau suara.

Secara umum, sakit kepala migrain sangat menyakitkan dan dapat mengganggu keseharian. Apalagi, migrain selalu datang tiba-tiba tanpa peringatan, atau didorong oleh pemicu tertentu yang diketahui.

Penderita migrain kronis tentu mengetahui hal ini dengan sangat baik - rasa sakit yang melemahkan dan selalu menyerang Anda pada waktu yang salah.

Baca juga: Migrain dan Sakit Kepala, Tahukah Bedanya?

Akhirnya, pereda nyeri seperti ibuprofen seringkali menjadi ‘senjata ampuh’ untuk melawan migrain.

Melansir Health Cleveland Clinic, spesialis pengobatan integratif Melissa Young, MD mengatakan, pendekatan pengobatan fungsional integratif harus dimulai dari dasar.

"Kami perlu menilai pola makan, tingkat nutrisi, kebiasaan tidur, hidrasi, dan stres, yang semuanya merupakan pemicu umum migrain dan sakit kepala," ujarnya.

Kabar baiknya, untuk mengatasi migraine taks elalu harus dengan obat. Berikut delapan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain kronis tanpa harus menenggak obat-obatan:

1. Sering makan

Makan dalam porsi kecil dan sering membuat gula darah Anda stabil dan membantu mengendalikan migrain.

Cobalah mengikuti pola makan yang sebagian besar berasal dari Mediterania - tinggi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, seperti ayam kampung, dan lemak sehat, seperti salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian, serta minyak zaitun.

Diet Mediterania telah terbukti mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan kematian terkait masalah jantung sebesar 30%.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi

Dokter Anda juga harus memeriksa kekurangan nutrisi.

“Tampaknya ada hubungan antara produksi energi mitokondria di sel tubuh Anda dan migrain,” kata Dr. Young.

"Memastikan Anda memiliki tingkat CoQ-10 yang tepat, khususnya vitamin B2 dan magnesium, sangat membantu dalam pencegahan dan pengobatan migrain."

Selain migrain, menurutnya, kadar magnesium yang rendah juga dapat menyebabkan sembelit, kram otot, fibromyalgia, kelelahan dan kecemasan.

Baca juga: Minum 3 Gelas Kopi dalam Sehari Bisa Picu Migrain, Lakukan Hal Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com