Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta: Luka Lebih Cepat Sembuh Jika Dibiarkan Tanpa Plester?

Kompas.com - 02/11/2020, 20:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti pernah mengalami luka pada tubuh.

Pada luka ringan yang umumnya membuat goresan atau lesi pada kulit, mungkin Anda pernah dinasihati untuk membiarkan saja luka itu kering dan sembuh sendiri, tanpa ditutup plester ataupun perban

Lantas mitos atau fakta bahwa luka harus dibiarkan tanpa tutup agar cepat kering dan sembuh?

Menjawab persoalan ini, Certified Wound Specialist Physician dr Adisaputra Ramadhinara berkata bahwa membiarkan luka tanpa tutup supaya cepat kering dan sembuh itu adalah hal yang keliru.

Baca juga: 2 Pertolongan Pertama pada Luka yang Wajib Dilakukan

"Menutup luka itu penting, jangan lupa," kata Adi dalam diskusi daring bertajuk Keluarga Hansaplast, Merawat Luka Akut besar dengan Tepat, Senin (12/10/2020).

Dijelaskan Adi, penelitian telah menunjukkan bahwa luka yang lembap karena ditutup justru akan membuat penyembuhan lebih cepat daripada luka yang dibiarkan terbuka dan kering.

"Jadi kan banyak orang beranggapan, 'oh luka itu diangin-anginkan, dibuka biar kering, biar sembuh'. Padahal, luka yang dibiarkan tidak tertutup dan dibiarkan kering itu terhambat penyembuhan lukanya," tegasnya.

Selain terhambat penyembuhan lukanya, luka yang dibiarkan terbuka juga berpotensi terinfeksi bakteri, karena bakteri atau kuman lainnya akan bebas masuk ke bawah kulit jika tidak ditutup menggunakan perban ataupun plester.

Baca juga: Kena Luka Bakar? Jangan Oles Pasta Gigi atau Odol, Ini Alasannya

Namun, sebelum Anda menutup area kulit yang terluka, langkah pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencuci atau membersihkan area kulit terluka itu dahulu, agar luka dapat sembuh dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com