Foto Langka, Bintang Laut Tertangkap Memakan Kepiting

Kompas.com - 02/11/2020, 16:00 WIB
Bintang laut di akuarium memakan kepiting. Greg Potter/IFL ScienceBintang laut di akuarium memakan kepiting.

KOMPAS.com - Pernah melihat bintang laut memakan kepiting? Fenomena langka ini tertangkap di akuarium Kanada.

Fenomena ini diabadikan oleh Greg Potter yang sedang mengunjungi akuarium Ucluelet, sebuah akuarium nirlaba tangkap dan lepas di pantai barat Pulau Vancouver, Kanada.

Saat berada di sana, pria yang bergabung dengan Strawberry Isle Marine Research Society (SIMRS) sebagai Direktur Komunikasi Sains itu melihat sesuatu yang janggal di tangki akuarium.

Dia melihat bintang laut kelelawar menangkap seekor kepiting. Dari kaca akuarium itu pula, tampak bintang laut tersebut mencoba melahap si kepiting.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Bintang Laut Punya Mata?

" Kepiting ada di akuarium itu untuk jadi makanan belut serigala. Namun bintang laut ini melihat peluang untuk memangsanya,” kata Potter.

"Petugas tidak bertujuan memberi makan bintang laut mangsa hidup," imbuhnya seperti dilansir IFL Science, Kamis (29/10/2020).

Bintang laut bergerak menggunakan kaki tabung kecil, seperti yang terlihat di bagian bawah bintang laut kelelawar pada foto.

Bintang laut terkenal sebagai hewan yang agak lambat dan lesu, tetapi beberapa lebih cepat dari yang Anda duga.

Bintang laut bunga matahari dewasa, dapat melesat melintasi dasar laut dengan kecepatan 1 meter (3 kaki) per menit berkat 15.000 kaki tabung yang berada di bawah tubuhnya. Videonya dapat dilihat di bawah ini.

Bintang laut juga menggunakan kaki tabung ini untuk meraih dan menahan mangsanya, yang akan menjelaskan bagaimana kepiting malang itu berada dalam situasi ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X