Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Langka, Bintang Laut Tertangkap Memakan Kepiting

Kompas.com - 02/11/2020, 16:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pernah melihat bintang laut memakan kepiting? Fenomena langka ini tertangkap di akuarium Kanada.

Fenomena ini diabadikan oleh Greg Potter yang sedang mengunjungi akuarium Ucluelet, sebuah akuarium nirlaba tangkap dan lepas di pantai barat Pulau Vancouver, Kanada.

Saat berada di sana, pria yang bergabung dengan Strawberry Isle Marine Research Society (SIMRS) sebagai Direktur Komunikasi Sains itu melihat sesuatu yang janggal di tangki akuarium.

Dia melihat bintang laut kelelawar menangkap seekor kepiting. Dari kaca akuarium itu pula, tampak bintang laut tersebut mencoba melahap si kepiting.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Bintang Laut Punya Mata?

"Kepiting ada di akuarium itu untuk jadi makanan belut serigala. Namun bintang laut ini melihat peluang untuk memangsanya,” kata Potter.

"Petugas tidak bertujuan memberi makan bintang laut mangsa hidup," imbuhnya seperti dilansir IFL Science, Kamis (29/10/2020).

Bintang laut bergerak menggunakan kaki tabung kecil, seperti yang terlihat di bagian bawah bintang laut kelelawar pada foto.

Bintang laut terkenal sebagai hewan yang agak lambat dan lesu, tetapi beberapa lebih cepat dari yang Anda duga.

Bintang laut bunga matahari dewasa, dapat melesat melintasi dasar laut dengan kecepatan 1 meter (3 kaki) per menit berkat 15.000 kaki tabung yang berada di bawah tubuhnya. Videonya dapat dilihat di bawah ini.

Bintang laut juga menggunakan kaki tabung ini untuk meraih dan menahan mangsanya, yang akan menjelaskan bagaimana kepiting malang itu berada dalam situasi ini.

"Jika sang bintang laut memiliki kaki yang melambai-lambai, tidak perlu banyak kontak untuk mendapatkan kepiting karena mereka sangat kuat," kata Potter.

Begitu seekor bintang laut menguasai mangsanya, ia akan mengeluarkan perutnya dari mulut dan mencerna makanannya menjadi semacam sup kental yang kemudian disedot ke kelenjar pencernaan.

Baca juga: Anda Tidak Akan Pernah Melihat Hiu Putih di Akuarium, Ini Sebabnya

Akuarium adalah sumber pendidikan, penelitian ilmiah, dan pendanaan konservasi yang bagus jika dilakukan dengan benar.

Bangunan unik ini memungkinkan orang dari semua latar belakang untuk mendapatkan wawasan tentang dunia menakjubkan yang ada di bawah ombak.

Mereka juga memungkinkan kita untuk melihat hal-hal yang biasanya tidak dapat kita lihat.

Dalam arti frasa yang paling harfiah, karena tangki kaca yang menampung hewan dapat memberi kita gambaran tentang apa yang terjadi di bawah tubuh hewan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com