Sakit Kepala, Mimisan dan Wajah Merah, Benarkah Gejala Darah Tinggi?

Kompas.com - 26/09/2020, 16:06 WIB
Ilustrasi hipertensi. thinkstockphotosIlustrasi hipertensi.

KOMPAS.com - Ada banyak gejala yang diasosiasikan dengan darah tinggi atau hipertensi. Gejala-gejala ini seperti sakit kepala, mimisan, pusing dan kemerahan pada wajah.

Namun, benarkah darah tinggi ditandai dengan gejala-gejala di atas?

Dilansir dari situs resmi American Heart Association (AHA), tekanan darah tinggi adalah "silent killer" atau pembunuh senyap yang sebagian besar tanpa gejala.

"Pada kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi tidak menyebabkan sakit kepala atau mimisan," tulis AHA.

Jika Anda mengalami sakit kepala, mimisan yang parah atau gejala-gejala tidak sehat lainnya, AHA merekomendasikan untuk menghubungi dokter karena itu mungkin gejala dari kondisi kesehatan lainnya.

Baca juga: Studi Temukan Kaki Gemuk Kurangi Risiko Darah Tinggi, Kok Bisa?

Selain sakit kepala dan mimisan, gejala lain yang bisa terkait, meski tidak selalu diakibatkan oleh tekanan darah tinggi adalah:

1. Pusing

Meskipun pusing bisa menjadi efek samping dari beberapa obat tekanan darah, ini tidak disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Namun, rasa pusing tidak boleh diabaikan, terutama jika timbulnya mendadak.

Pusing tiba-tiba, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, dan kesulitan berjalan adalah tanda-tanda stroke. Sementara itu, tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama stroke.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X