Daftar Makanan yang Membantu Menjaga Kesehatan Paru-paru

Kompas.com - 25/09/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi paru-paru yodiyimIlustrasi paru-paru

KOMPAS.com -  Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, selain menerapkan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk kesehatan paru-paru.

Apalagi, seperti yang kita ketahui, virus corona pada Covid-19 menyerang sistem pernapasan kita, yang mana itu adalah paru-paru.

Menerapkan pola makan sehat dan seimbang sangat membantu menjaga tubuh tetap kuat, termasuk paru-paru.

Baca juga: Kematian Covid-19 Tak Hanya karena Komorbid, Otopsi Tunjukkan Kerusakan Paru

Agar paru-paru tetap dalam kondisi prima, berikut tujuh makanan yang baik untuk dikonsumsi:

1. Makanan Berserat Tinggi

Apa kesamaan kacang polong dan lentil? Keduanya adalah makanan kaya serat, yang bagus untuk paru-paru.

Seperti dilansir WebMD, penelitian menunjukkan, orang yang makan lebih banyak serat memiliki paru-paru yang bekerja lebih baik daripada mereka yang tidak makan banyak serat.

Makanan kaya serat lainnya termasuk spageti gandum, kacang panggang, biji chia, quinoa, pir, dan brokoli.

2. Kopi

Kabar baik bagi pecinta kopi, secangkir kopi pagi Anda bisa membantu paru-paru tetap sehat. Penelitian menunjukkan, hubungan antara kopi hitam dan paru-paru yang lebih sehat.

Ini bisa jadi karena kafein yang bersifat anti-inflamasi, dan polifenol, yang merupakan antioksidan dan juga anti-inflamasi.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh bagus untuk kesehatan paru-paru Anda, di antaranya nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oat, dan quinoa.

Selain tinggi serat, makanan dari biji-bijian utuh ini memiliki antioksidan dan anti-inflamasi. Tak hanya itu, makanan tersebut juga biasanya tinggi kandungan vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial, yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Sedangkan makanan dari biji-bijian olahan, seperti tepung putih dan nasi putih, umumnya kehilangan banyak nutrisinya dalam proses penggilingan.

Baca juga: Vape dan Rokok Sama Bahayanya, Picu Kanker Paru hingga Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WebMD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X