Sore Ini, Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Guyur Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 22/09/2020, 16:31 WIB
Suasana debit air di bantaran sungai ciliwung naik di Kawasan Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2020). Sebelumnya, Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat berstatus siaga 1 dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 240 sentimeter pada pukul 18.00 WIB. Hal tersebut dikarenakan wilayah Bogor, Jawa Barat diguyur hujan deras. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana debit air di bantaran sungai ciliwung naik di Kawasan Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2020). Sebelumnya, Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat berstatus siaga 1 dengan tinggi muka air (TMA) mencapai 240 sentimeter pada pukul 18.00 WIB. Hal tersebut dikarenakan wilayah Bogor, Jawa Barat diguyur hujan deras.


KOMPAS.com- Sore ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat akan berpotensi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

Kendati sebagian wilayah Indonesia memasuki musim pancaroba, namun potensi cuaca ekstrem tetap perlu diwaspadai.

"Hari ini (Selasa), sore hingga petang nanti akan turun hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Kepala Subbid Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Agie Wandala Putra saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Banjir Bandang Bogor, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan

 

Agie mengungkapkan curah hujan yang turun cukup bervariasi, antara ringan, sedang hingga lebat.

"Sehingga, bagi daerah yang mudah tergenang dan merupakan daerah rawan banjir perlu tetap berhati-hati terhadap peningkatan muka air Ciliwung," jelas Agie.

Dilaporkan sebelumnya, banjir bandang yang menerjang Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Senin (21/9/2020).

Banjir tersebut merupakan dampak cuaca ekstrem yang diakibatkan oleh hujan lebat dengan intensitas tinggi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X