Kompas.com - 14/09/2020, 18:06 WIB
Ilustrasi kanker usus besar yang berpotensi menyerang orang dewasa usia muda. SHUTTERSTOCK/crystal lightIlustrasi kanker usus besar yang berpotensi menyerang orang dewasa usia muda.

KOMPAS.com - Kanker kolorektal adalah penyakit kanker nomor ketiga tertinggi yang sering terjadi di Indonesia.

Dalam acara Instagram live edukasi yang digelar oleh Cancer Information Support Center (CISC), dokter spesialis bedah digestif, dr Abdul Hamid Rochanan Sp.B-KBD MKes menjelaskan bahwa kolorektal adalah usus besar.

Oleh sebab itu, kanker kolorektal adalah keberadaan sel kanker atau tumor ganas yang menyerang bagian usus besar, atau disebut juga dengan kanker usus besar.

Adapun penyakit kanker kolorektal ini dibagi menjadi dua, yaitu usus sebelah kanan dan usus sebelah kiri.

Hal ini karena keluhan yang terjadi berbeda tergantung dari lokasinya.

Baca juga: Menyerang Usia Muda, Begini Penanganan Kanker Usus Besar Saat Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usus besar sebelah kanan

Untuk usus besar sebelah kanan yang mekanismenya baru saja menerima isi dari usus halus, maka gejala utama yang timbul adalah kotoran masih berbentuk halus atau cair ketika keluar.

"Kalau ada usus besar di sebelah kanan, maka penyerapannya akan terganggu sehingga keluarannya masih berbentuk diare, dan bisa bersifat kronis," kata Hamid dalam saluran digital bertajuk Lika-liku Kanker Kolorektal dalam Masa Pandemi Covid-19-Kenali dan Tangani dengan Tepat, Sabtu (12/9/2020).

Sementara itu, pendarahan yang terjadi di usus besar sebelah kanan masih akan terlihat samar atau tidak jelas.

Akan tetapi, pasien bisa tiba-tiba lemas karena kurang darah atau anemia. Anemia ini menjadi salah satu gejala yang bisa terjadi akibat kanker kolorektal.

"Jadi, hati-hati kalau diare kronis dan tiba-tiba lemas kurang darah (anemia). Perlu kita pikirkan adanya kanker di usus besar sebelah kanan," jelasnya.

Baca juga: Kanker Usus Besar Chadwick Boseman, Studi Sebut Rentan pada Usia Muda

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X