Asteroid Bennu Jauh Lebih Aktif dari Perkiraan Sebelumnya

Kompas.com - 14/09/2020, 08:01 WIB
Ilustrasi asteroid Bennu dengan wahana antariksa OSIRIS-REx. NASAIlustrasi asteroid Bennu dengan wahana antariksa OSIRIS-REx.

KOMPAS.com - Wahana OSIRIS-REx milik NASA sedang bersiap mendarat di asteroid Bennu bulan depan.

Sebelum pendaratannya, para ahli telah melaporkan fakta menarik tentang asteroid Bennu. Asteroid ini disebut lebih aktif dari perkiraan sebelumnya.

Mereka mengatakan, Bennu kehilangan bebatuannya dengan kecepatan lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

Dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Geophysical Research: Planets, tim OSIRIS-REx yang mempelajari Bennu menjelaskan pelepasan partikel-partikel, penyebabnya, dan bagaimana mereka mempelajari Bennu secara lebih rinci.

Baca juga: Bennu, Asteroid Berbentuk Berlian yang Menyimpan Rahasia tentang Tata Surya

Dilansir IFL Science, Jumat (11/9/2020), tim tersebut melacak ratusan partikel yang terlontar dan misteri di baliknya.

Ukuran partikel bebatuan yang hilang sesuai dengan perkiraan ahli, yakni disebabkan rekahan termal.

Asteroid berputar pada porosnya hanya dalam waktu empat jam, sehingga permukaannya berubah dari panas menjadi dingin dengan sangat cepat. Ini yang memecahkan bebatuan.

Namun, lokasi peristiwa ejeksi cocok dengan model yang melihat pelepasan ini ke dampak mikrometeroid di permukaan Bennu.

Peneliti mengatakan, kombinasi keduanya mungkin menjadi penyebab sebenarnya.

Namun itu belum semuanya. Partikel-partikel itu juga membantu tim mempelajari tarikan gravitasi asteroid yang sangat lemah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X