Studi: Flu Biasa Melatih Sistem Kekebalan Tubuh Mengenali Covid-19

Kompas.com - 07/08/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi sistem kekebalan tubuh melawan serangan infeksi dari virus corona, maupun bakteri, jamur, parasit maupun berbagai virus lain. SHUTTERSTOCK/peterschreiber.mediaIlustrasi sistem kekebalan tubuh melawan serangan infeksi dari virus corona, maupun bakteri, jamur, parasit maupun berbagai virus lain.

KOMPAS.com - Memori sistem kekebalan tubuh dapat menjelaskan kenapa beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki gejala yang lebih ringan.

Menurut penelitian terbaru, infeksi seperti flu atau pilek yang umum dapat melatih sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Studi yang terbit Selasa (4/8/2020) dalam jurnal Science menemukan bahwa sel-sel kekebalan yang dikenal sebagai sel T mengenali jenis virus corona yang menyebabkan flu biasa.

Tak hanya mengenali virus corona yang menyebabkan flu biasa, tapi ahli juga menemukan bahwa sel T dapat mengenali virus corona yang lebih spesifik seperti SARS-CoV-2.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Bukti Bagian dari Sistem Kekebalan dapat Memperparah Covid-19

Selain itu, sel T juga dapat mengenali bagian dari protein spike yang berfungsi mengikat dan menyerang sel manusia.

Memori sistem kekebalan ini mungkin dapat menjelaskan kenapa ada orang yang terinfeksi Covid-19 tapi gejalanya lebih ringan dibanding yang lain.

Namun penulis menekankan, hipotesis ini sangat spekulatif dan membutuhkan banyak penelitian untuk memastikannya.

Ini karena tidak diketahui secara pasti seberapa besar peran sel T dalam melawan Covid-19.

Sel T hanyalah satu bagian dari kumpulan molekul dan sel kompleks yang membentuk sistem kekebalan kita.

"Kami sekarang telah membuktikan bahwa pada beberapa orang, memori sel T yang sudah ada sebelumnya dapat mengenali SARS-CoV-2 hingga ke struktur molekul yang tepat," kata salah satu penulis utama studi Daniela Weiskopf, asisten profesor di La Institut Imunologi Jolla di La Jolla, California.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X