Kompas.com - 29/07/2020, 10:04 WIB
Ilustrasi ADHD SHUTTERSTOCK/StepanPopovIlustrasi ADHD

KOMPAS.com - Memiliki anak yang aktif menjadi keceriaan bagi orang tua. Namun jika tingkah perilaku keaktifan anak tersebut justru menganggu dirinya dan orang di sekitarnya, berarti anak tersebut membutuhkan bantuan dan bimbingan.

Disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak, dr Herbowo Agung F Soetomenggolo SpA(K), bahwa anak yang terlalu aktif berlebih bahkan mengganggu dirinya dan orang lain disebut dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH).

GPPH selama ini lebih akrab dikenal dalam singkatan penuturan bahasa inggris yaitu attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Untuk diketahui, GPPH atau ADHD adalah gangguan perkembangan otak yang dapat mengakibatkan seorang anak sulit untuk memusatkan perhatiannya, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif.

Baca juga: Anak Hiperaktif Bisa Jadi Tanda GPPH Alias ADHD, Kenali Gejalanya

"Tapi, ingat ya. GPPH itu harus mengganggu. Maksudnya kalau dia (anak-anak) hiperaktif aja, terus tapi Anda (sebagai) orang tuanya, temannya atau gurunya di sekolah tidak merasa terganggu dengan aktifnya anak itu ya itu bukan GPPH," kata Herbowo dalam webinar Johnson & Johnson: Menjaga Kesehatan Pada Anak dengan ADHD di Masa New Normal, Jumat (24/7/2020).

Herbowo menuturkan, penting sekali bagi sekelompok orang dewasa di sekitar anak-anak untuk diberikan berbagai program pelatihan dan kegiatan edukasi yang dapat mendukung kesiapan mereka dalam mendampingi anak dengan GPPH.

"Baik orangtua, keluarga, guru maupun pengasuh dari anak dengan ADHD membutuhkan pengetahuan serta bimbingan agar dapat membantu anak tersebut mengendalikan gejala-gejala ADHD yang dimilikinya dan menerapkan pola hidup sehat pada anak," jelasnya.

Sebab, anak dengan GPPH umumnya tidak dapat sembuh secara total. Akan tetapi, jika didiagnosis sejak dini dan diberikan perawatan serta terapi yang tepat.

Herbowo menegaskan bahwa anak anak dengan GPPH dapat beradaptasi dan menjalankan aktivitasnya dengan baik, entah itu di rumah, di sekolah maupun kehidupan sehari-harinya secara normal di manapun berada.

Ilustrasi anak ADHDSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi anak ADHD

Tata laksana untuk anak ADHD atau GPPH

Edukasi yang seharusnya diberikan kepada orang tua dan keluarga pasien adalah mengenai tata laksana yang tepat bagi anak dengan GPPH dan pentingnya penanganan sejak dini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X