Kompas.com - 29/07/2020, 07:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Jika anak Anda terlalu aktif, bahkan cenderung membahayakan diri sendiri dan juga mengganggu orang lain, bisa jadi itu adalah pertanda Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH).

GPPH selama ini lebih akrab dikenal dalam singkatan penuturan bahasa inggris yaitu attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Baca juga: Kebanyakan Main Internet Berisiko Tingkatkan Gejala ADHD

Apa itu GPPH/ADHD?

Disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak, dr Herbowo Agung F Soetomenggolo SpA(K), GPPH atau ADHD adalah gangguan perkembangan otak yang dapat mengakibatkan seorang anak sulit untuk memusatkan perhatiannya, serta memiliki perilaku impulsif dan hiperaktif.

"GPPH itu ganggu neurodevelopmental yang paling banyak ditemukan pada anak usia sekolah dasar," kata Herbowo dalam webinar Johnson & Johnson: Menjaga Kesehatan Pada Anak dengan ADHD di Masa New Normal, Jumat (24/7/2020).

Untuk diketahui, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Froenhlich TE dan timnya pada 2007, angka kejadian GPPH ini sekitar 2-18 persen atau 1 dari 11 anak menderita GPPH.

Selain anak-anak, GPPH juga dapat dialami orang dewasa. Herbowo mengatakan, setidaknya 1 dari 23 orang dewasa menderita GPPH.

Sekitar 30 sampai 80 persen GPPH pada anak, umumnya menetap sampai remaja. Sementara, 65 persen GPPH ini bisa menetap sampai seseorang memasuki usia dewasa.

Kendati, anak yang hiperaktif memiliki kecenderungan untuk menderita GPPH, tapi tidak semua anak yang aktif itu pasti mengalami gangguan tersebut.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sebagai orang tua mengenali gejala-gejala pola perilaku dan tingkah anak Anda untuk mengetahui apakah keaktifan anak Anda pertanda GPPH ataupun tidak.

Gejala-gejala GPPH

Herbowo menjelaskan, gejala GPPH atau ADHD sebenarnya dapat dilihat dan diketahui oleh orangtua maupun orang-orang di sekitar anak tersebut.

Ilustrasi anak ADHDSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi anak ADHD

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X