Kompas.com - 27/06/2020, 19:02 WIB


KOMPAS.com- Seiring dengan makin banyaknya misi-misi luar angkasa, kebutuhan dasar manusia yang satu ini tampaknya jadi bagian penting yang harus dipikirkan, yakni toilet.

Melansir The Independent, Jumat (26/6/2020) baru-baru ini badan antariksa Amerika (Nasa) meminta bantuan publik untuk merancang toilet yang akan digunakan astronot di Bulan.

Nasa sendiri telah menentukan kriteria desain yang sesuai, antara lain model desain toilet yang baru dan kompak.

Toilet yang lebih kecil dan efisien ini menjadi pertimbangan mengingat ruang dan berat akan sangat berpengaruh terhadap desain wahana antariksa yang akan diberangkatkan ke Bulan.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Purnama Pengaruhi Gelombang Pasang di Lautan?

Selain itu tentu saja, toilet dapat beroperasi dalam gravitasi mikro dan gravitasi bulan. Toilet yang selama ini ada digunakan oleh para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Namun toilet tersebut tidak dirancang untuk gaya gravitasi yang lebih kuat seperti di permukaan Bulan.

Ilustrasi toiletShutterstock Ilustrasi toilet

Menuju ke permukaan Bulan merupakan tantangan tersendiri. Dalam beberapa kasus bahkan lebih sulit daripada yang dilakukan oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tantangan itu termasuk bagaimana para astronot dapat pergi ke toilet dalam kondisi minim gravitasi serta perjalanan yang lebih panjang.

Baca juga: Volume Otak Astronot Bertambah Akibat Perjalanan Luar Angkasa, Kok Bisa?

Saat ini, Nasa telah bekerja untuk merampingkan desain toilet yang ada, namun badan antariksa itu juga tak menutup kemungkinan akan adanya ide baru dari publik.

Harapannya ide-ide tersebut dapat menjadi solusi dari permasalahan melalui pendekatan yang berbeda.

Publik pun diminta untuk mengirimkan ide-ide desain toilet pada 17 Agustus.

Bahkan, kabar baiknya, nantinya Nasa bakal memilih tiga desain terbaik yang akan menerima total hadiah sebesar 35.000 dolar Amerika dan pemenang akan diumumkan pada akhir September.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.