Kompas.com - 15/04/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi astronot di luar angkasa 1971yesIlustrasi astronot di luar angkasa

KOMPAS.com – Para peneliti menemukan kejanggalan pada volume otak astronot yang melakukan perjalanan luar angkasa dalam waktu lama.

Biasanya, astronot yang melakukan space travel dalam waktu lama ditempatkan di International Space Station (ISS) untuk jangka waktu 6 bulan bahkan lebih.

Studi terbaru menunjukkan bahwa perjalanan luar angkasa bisa menimbulkan perubahan struktur organ dalam tubuh, termasuk otak.

Baca juga: Di Tengah Pandemi Corona, 3 Astronot Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa

Volume otak astronot yang tinggal di luar angkasa dalam waktu lama terbukti meningkat. Hal ini akibat bertambahnya volume cairan pada kelenjar otak (pituitary gland).

Melansir CNN, Rabu (15/4/2020), pituitary gland atau disebut juga master gland merupakan kelenjar yang terletak pada dasar tengkorak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 11 astronot, 10 pria dan 1 wanita, mengikuti studi ini sebelum dan setelah mereka melakukan misi luar angkasa. Para astronot melakukan MRI otak sebelum berangkat, satu hari usai kembali ke Bumi, dan beberapa MRI lanjutan pada tahun berikutnya.

Baca juga: Astronot Coba Menumbuhkan Organ di Luar Angkasa, Mungkinkah?

Waktu rata-rata yang dihabiskan para astronot di luar angkasa adalah 171 hari. Ketika kembali ke Bumi, para peneliti menemukan cairan otak bertambah sekitar 2 persen.

Bertambahnya jumlah cairan ini masih ditemukan satu tahun usai perjalanan ke luar angkasa. Sehingga, para peneliti percaya perubahan ini adalah permanen.

Ilustrasimonsitj Ilustrasi

Neuro-ocular syndrome

Astronot yang melakukan perjalanan di luar angkasa dalam waktu lama kerap mengeluhkan apa yang disebut NASA sebagai neuro-ocular syndrome.

Ini terjadi akibat pergeseran aliran darah yang tercipta akibat nol gravitasi, sehingga lebih banyak tekanan yang dirasakan oleh kepala.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X