Bakteri Listeria di Jamur Enoki, Ini 6 Anjuran Badan Ketahanan Pangan

Kompas.com - 27/06/2020, 18:02 WIB
Jamur enoki ShutterstockJamur enoki


KOMPAS.com- Dari hasil pengujian laboratorium, ternyata terdapat sampel jamur enoki impor dari Korea Selatan yang benar terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Dijelaskan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Dr Ir Agung Hendriadi MEng, sampel jamur ini telah dilakukan pengujian di laboratorium PT Sarawati Indo Genetech.

Pada tanggal 21 April 2020 dan 26 Mei 2020 telah dilakukan sampling oleh petugas OKKPP.

Hasil pengujiannya, terdapat 5 lot tidak memenuhi persyaratan karena terdeteksi mengandung bakteri L. monocytogenes dengan kisaran 1,0x104 hingga 7,2x104 colony per gram.

"Ini melewati ambang batas," ujar dia.

Baca juga: Bakteri Listeria Tak Hanya Ada di Jamur Enoki, Begini Cara Mencegahnya

Oleh sebab itu, berdasarkan UU pangan No 18/2012 Pasal 90, PP 86/2019 Pasal 28 dan Permentan 53/2018, Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengambil langkah-langkah sebagai berikut.

1. Produk ditarik dan dimusnahkan

BKP memerintahkan kepada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan.

Ilustrasi bakteri Listeria monocytogenes, penyebab penyakit listeria atau listeriosis. Bakteri ini dikabarkan ditemukan di jamur enoki.SHUTTERSTOCK/KATERYNA KON Ilustrasi bakteri Listeria monocytogenes, penyebab penyakit listeria atau listeriosis. Bakteri ini dikabarkan ditemukan di jamur enoki.

Baca juga: Waspadai Listeria, Barantan Perketat Pengawasan Rockmelon dari Australia

Perintah ini telah ditetapkan melalui Surat Kepala BKP kepada Direktur PT Green Box Fresh Vegetables tertanggal 18 Mei 2020, tentang penarikan produk.

Serta, Agung mengatakan, pemusnahan sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kilogram, dilakukan pada tanggal 22 Mei dan 19 Juni 2020 di PT Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi. Pada pemusnahan ini dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP.

2. Pengawasan produk jamur enoki asal Korea Selatan

Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP) semua daerah diperintahkan untuk melakukan pengawasan terhadap jamur enoki asal Korea Selatan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X