Kompas.com - 27/06/2020, 16:02 WIB
Zealandia IODPZealandia

KOMPAS.com - Benua Zealandia yang pernah hilang telah ditemukan kembali pada tahun 2017 lalu.

Sejak ditemukan, benua ke delapan ini belum dapat dipetakan untuk mengetahui berapa luasan daratan yang terendam dekat Australia itu.

Namun, untuk kali pertamanya, seperti dilansir dari Science Alert, Sabtu (27/6/2020), pada Senin lalu para peneliti dari GNS Science di Selandia Baru mengumumkan telah memetakan bentuk dan ukuran benua ini.

Peta baru yang menampilkan Benua Zealandia ini telah diunggah di situs web mereka dan dikemas secara interaktif, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman menjelajahi benua ini.

Baca juga: Benua Baru Ditemukan di Timur Australia, Namanya Zealandia

"Kami telah membuat peta-peta ini untuk memberikan gambaran akurat, lengkap dan terkini tentang geologi Selandia Baru dan wilayah Pasifik barat daya," kata Nick Mortimer, yang memimpin penelitian itu.

Gambaran lengkap daratan benua bawah laut

Peta tersebut, kata Nick, jauh lebih baik dari yang pernah dibuat sebelumnya. Mortimer dan timnya memetakan batimetri di sekitar benua Zealandia, yang terdiri dari bentuk dan kedalaman dasar laut, serta profil tektoniknya.

Dalam peta tersebut, menunjukkan di mana benua tersebut berada jatuh melintasi batas lempeng tektonik.