Pesawat Bisa Angkut 70 Persen Penumpang, Ini Tanggapan Epidemiolog

Kompas.com - 10/06/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi keadaan dalam kabin pesawat m_sovinskii SHUTTERSTOCK/M_SOVINSKIIIlustrasi keadaan dalam kabin pesawat m_sovinskii

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) menghapus aturan batasan jumlah penumpang sebesar 50 persen dari total kapasitas angkut.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, pesawat kini bisa mengangkut penumpang berkisar antara 70 hingga 100 persen dari kapasitas angkut, tergantung jenis armadanya.

Menanggapi hal ini, pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan, yang terpenting adalah jaga jarak bukan kapasitas angkut.

Baca juga: Penelitian Beberkan Cara Virus Corona Menyebar dalam Pesawat

"Yang terpenting adalah melakukan jaga jarak. Percuma kalau kapasitas angkut sekian, tetapi tidak menerapkan jaga jarak," ungkap Pandu saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Selama jaga jarak tidak diterapkan selama melakukan penerbangan, penularan virus penyakit akan terjadi.

Selain harus menerapkan jaga jarak, Pandu mengatakan bahwa setiap pesawat juga harus memiliki ventilasi udara yang baik.

"Kalau tidak salah ada filter khusus untuk itu, sesuai dengan standart penerbangan Internasional ya," imbuh dia.

Oleh karena itu, Pandu berharap aturan yang lebih jelas terkait penerbangan di tengah pandemi harus lebih jelas.

Seperti bagaimana pengaturan tempat duduknya, jenis moda transportasinya, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Direktur Eijkamn Institute of Molecular Biology, Prof Aman Soebandrio mengatakan bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 di Indonesia, terlebih dulu melakukan perjalanan ke Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat, dan Australia. Perjalanan virus hingga menyebar ke seluruh dunia ini dibantu oleh pesawat udara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X