Solusi Energi Terbarukan, Ilmuwan Hasilkan Listrik dari Bayangan

Kompas.com - 09/06/2020, 12:32 WIB
Perangkat Shadow-Effect Energy Generator (SEG) menggunakan kontras antara gelap dan terang untuk menghasilkan listrik. SCIENCE ALERT/Royal Society of ChemistryPerangkat Shadow-Effect Energy Generator (SEG) menggunakan kontras antara gelap dan terang untuk menghasilkan listrik.


KOMPAS.com - Informasi ini mungkin terdengar seperti film fiksi ilmiah, tapi hal ini nyata bahwa ilmuwan berhasil membuat perangkat prototipe yang dapat mengubah bayangan menjadi listrik.

Melansir Science Alert, Selasa (9/6/2020), perangkat ini disebut Shadow-Effect Energy Generator (SEG). Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Energy & Environmental Science.

Bila sel surya menolak adanya bayangan karena dapat mengganggu kestabilan cahaya yang merupakan bahan utama untuk memproduksi energi, sebaliknya, SEG justru memanfaatkan bayangan.

Peneliti menilai, hal tersebut membuat perangkat SEG sebagai energi terbarukan yang lebih murah untuk diproduksi dibandingkan sel surya.

Baca juga: Solusi Energi Terbarukan, Senyawa Kimia ini Ubah Cahaya Jadi Listrik

" Bayangan ada di mana-mana, dan kita sering menganggapnya remeh," kata Tan Swee Ching, ilmuwan dari National University of Singapore (NUS).

SEG menggunakan kontras antara gelap dan terang untuk menghasilkan listrik. Perangkat ini terdiri dari serangkaian strip tipis film emas pada wafer silikon dan ditempatkan di atas dasar plastik yang fleksibel.

Ching menjelaskan, perangkat ini memanfaatkan kontras iluminasi yang disebabkan oleh bayangan sebagai sumber daya tidak langsung.

Ilustrasi bayangan Ilustrasi bayangan

Baca juga: Sangat Rendah, Indonesia Baru Manfaatkan 3 Persen Potensi Energi Terbarukan

Kontras dalam iluminasi menginduksi perbedaan tegangan antara bayangan dan bagian yang diterangi untuk menghasilkan arus listrik. Konsep baru ini menghasilkan energi dalam kehadiran bayangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perbedaan antara bayangan dan cahaya itulah yang membuat perangkat SEG efektif. Berada dibawah bayangan yang bergerak dan berubah, membuat SEG dua kali lebih efektif daripada sel surya konvensional dalam kondisi yang sama.

Ketika seluruh perangkat SEG ditempatkan di bawah bayangan atau seluruhnya ditempatkan di bawah cahaya, energi listrik yang dihasilkan sangat rendah. Bahkan bisa sama sekali tidak menghasilkan listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X