Dokter Kulit: Hindari Pelembap Mengandung Pewarna dan Pewangi

Kompas.com - 13/05/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi menggunakan pelembab SidekickIlustrasi menggunakan pelembab

KOMPAS.com - Pelembap menjadi salah satu produk perawatan yang dibutuhkan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Pasalnya, kegiatan sering mencuci tangan dan penggunaan hand sanitizer membuat kulit menjadi kering bahkan iritasi.

Spesialis Kulit Dermatologi Kosmetik dr Lilik Norawati menyatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pelembap. Salah satunya memilih pelembap yang tidak mengandung zat pewarna maupun pewangi.

Penggunaan pelembap yang mengandung pewarna dan pewangi malah akan merusak kulit, terlebih pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Baca juga: Jangan Abaikan, Pelembab Penting untuk Kesehatan Kulit Selama Pandemi

Dia menjelaskan, pewangi merupakan bahan iritan yakni zat yang dapat memicu peradangan atau iritasi. Sehingga, pewangi memang tidak diperbolehkan digunakan dalam pelembap bagi orang-orang dengan kulit yang bermasalah.

"Jadi kami sebagai dokter tidak mengajukan untuk orang-orang dengan kulit sensitif menggunakan pelembab-pelembab yang wangi," kata dr.Lilik dalam Diskusi Online Noroid, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Bukan Produk Kecantikan, Ini Terapi untuk Remajakan Kulit Wajah

Penggunaan pewarna pada pelembap juga tidak baik pada kulit. Menurutnya, pewarna mengandung zat-zat tertentu yang memang sifatnya dapat membuat iritasi pada kulit.

"Yang paling bagus pelembap itu tidak ada zat pewangi maupun pewarna," katanya.

Selain memperhatikan kandungan pewangi dan pewarna dalam pelembab, dr Lilik juga menekankan untuk memilih pelembab yang sesuai dengan karakter kulit kita, berminyak atau kering.

Ilustrasi pelembap alamishutterstock Ilustrasi pelembap alami

Hal yang juga penting adalah pilih pelembap yang mengandung ceramide atau pseudo-ceramide. Keduanya baik untuk perawatan kulit.

Khususnya pada kandungan pseudo-ceramide, secara klinis efektif daIam memperbaiki dan mencegah kulit kering dengan cara meningkatkan hidrasi atau kelembaban kulit dan memperbaiki fungsi barrier kulit yang rusak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X