Ini Penyebab Mengapa Pria Lebih Rentan Terpapar Covid-19

Kompas.com - 13/05/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi pasien virus corona KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi pasien virus corona

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan pria lebih rentan terpapar virus corona penyebab Covid-19 ketimbang wanita.

Hal ini karena tingginya kandungan enzim pada darah pria yang digunakan virus untuk menginfeksi sel, sehingga membantu virus bertahan di paru-paru.

Melansir dari Science Alert, Selasa (12/5/2020), studi yang telah dipublikasikan pada 10 Mei 2020 di European Heart Journal tersebut, melakukan penelitian pada lebih dari 3.500 orang. Semua sampel merupakan pasien gagal jantung dan lanjut usia di 11 negara Eropa.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Bisakah Herd Immunity Diterapkan di Indonesia?

Enzim bernama Angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) yang ditemukan pada jantung, ginjal. paru-paru, dan organ lainnya, memiliki kaitan dengan virus corona.

Pada Covid-19, enzim ini digunakan virus untuk memudahkan mereka menginfeksi sel sehat di paru-paru.

"Kandungan tinggi ACE2 ada di paru-paru dan karena itu, dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan gangguan paru-paru terkait dengan Covid-19," ungkap Adriaan Voors, profesor kardiologi di University Medical Center Groningen di Belanda, yang juga ikut memimpin penelitian ini.

Ilustrasi pria lebih rentan terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. Ilustrasi pria lebih rentan terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Baca juga: LIPI Kembangkan Daun Ketepeng Badak dan Benalu Jadi Antivirus Corona

Pandemi Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 4,2 juta orang di seluruh dunia dengan 284 ribu kematian.

Studi lainnya pada enam negara menunjukkan bahwa laki-laki memiliki kemungkinan 50 persen lebih tinggi terpapar dan meninggal karena Covid-19, daripada perempuan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X