Cegah Penyebaran Covid-19, Bisakah Herd Immunity Diterapkan di Indonesia?

Kompas.com - 12/05/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi virus corona di Indonesia ShutterstockIlustrasi virus corona di Indonesia

KOMPAS.com - Selama Covid-19 masih menjadi pandemi global,  herd immunity kerap disebut-sebut menjadi alternatif melawan penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis SARS-CoV-2 ini.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH, menyebutkan bahwa herd immunity adalah konsep kekebalan terhadap penyakit yang dipakai untuk level populasi.

"Jadi bukan seseorang (individual saja) punya kekebalan, tapi sekelompok orang punya kekebalan (terhadap kuman jahat tertentu)," kata Panji kepada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Baca juga: Peneliti Kembangkan Tes Imunitas Corona, Apa Fungsinya?

Panji menyebutkan, tak perlu 100 persen anggota populasi memiliki kekebalan tersebut. Cukup sebagian dari populasi saja. Sistem kekebalan tubuh (antibodi) yang muncul akibat telah terinfeksi memang umum terjadi dalam kasus virus lainnya.

Akan tetapi, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 belum memiliki bukti klinis bahwa pasien yang sudah pernah terinfeksi akan kebal dengan infeksi virus serupa berikutnya.

"Tapi pengetahuan kita tentang respon kekebalan tubuh terhadap Covid-19 belum lengkap," ujar dia.

Berapa banyak anggota populasi yang harus kebal?

Panji berkata, hal ini ada hubungannya dengan angka reproduksi dasar atau Basic Reproductive Number (R0) sebuah penyakit.

Pendekatan sederhananya, proporsi yang harus punya kekebalan setidaknya 1- (1/R0).

Baca juga: Ahli: Penyebaran Virus Corona di Perancis Dimulai sejak November 2019

Jadi kalau R0=3, kalau di populasi ada 67 persen orang yang sudah kebal, dikatakan sudah terbentuk herd immunity.

Metode atau cara kerja herd immunity

Dijelaskan Panji, selama ini metode atau cara kerja herd dipakai melalui imunisasi. Tujuan program imunisasi bukan hanya melindungi orang yang diimunisasi, tetapi populasi pada umumnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X