Ahli: Penyebaran Virus Corona di Perancis Dimulai sejak November 2019

Kompas.com - 11/05/2020, 17:32 WIB
Jalanan di tengah kota Reims yang terlihat sepi. Masih ada beberapa kendaraan yang lewat, namun jauh lebih sedikit dibanding sebelum lockdown. DOK. PPI PERANCISJalanan di tengah kota Reims yang terlihat sepi. Masih ada beberapa kendaraan yang lewat, namun jauh lebih sedikit dibanding sebelum lockdown.

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Perancis dimulai sejak 16 November 2019, sekitar 10 minggu sebelum kasus pertama dikonfirmasi di negara itu. Hal ini menurut studi yang dilakukan sebuah rumah sakit Perancis.

Kesimpulan Covid-19 ada di Perancis sejak November 2019 berdasarkan pada penelitian retrospektif yang melihat 2.500 hasil CT Scan dada, tertanggal 1 November 2019 sampai 30 April 2020.

Hal ini diidentifikasi oleh departemen pencitraan medis rumah sakit.

Temuan ini muncul saat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta semua negara di dunia untuk menyelidiki kasus seperti pneumonia pada akhir tahun 2019.

Baca juga: Ancaman Virus Corona Bagi Kehidupan Orangutan di Indonesia

Hal itu untuk mendapat gambaran yang lebih jelas, tentang bagaimana virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 menyebar.

Peter Ben Embarek, ahli WHO untuk penyakit hewan mengatakan pada konferensi pers yang digelar Jumat (8/5/2020) bahwa virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 berasal atau menyebar dari kelelawar dan dapat menular ke kucing.

"Namun, belum jelas hewan apa yang mungkin telah menularkan Covid-19 ke manusia," kata Embarek, seperti dilaporkan Bloomberg.

Kendati demikian, dengan mengetahui rentang waktu penyebaran penyakit, maka akan memberikan informasi penting tentang genom virus dan bagaimana ia berkembang. Hal ini penting untuk mengembangkan obat yang bisa melawan virus tersebut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X