Kompas.com - 30/04/2020, 18:03 WIB
Tenaga medis dari Siloam Hospitals Group melakukan uji cepat (rapid test) kepada warga dengan skema drive thru di Jalan Puri Abadi, Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (18/4/2020). Uji cepat ini dilakukan dalam upaya mendukung usaha pemerintah menekan laju penyebaran wabah Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTenaga medis dari Siloam Hospitals Group melakukan uji cepat (rapid test) kepada warga dengan skema drive thru di Jalan Puri Abadi, Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (18/4/2020). Uji cepat ini dilakukan dalam upaya mendukung usaha pemerintah menekan laju penyebaran wabah Covid-19.


KOMPAS.com - Jumlah angka infeksi virus corona di Indonesia terus meningkat dan tidak sedikit pelayanan kesehatan di rumah sakit mulai kewalahan menangani pasien positif Covid-19.

Sejak wabah virus corona mulai menyebar dari episenter di Wuhan, China hingga ke beberapa negara, Siloam Hospitals Group mulai memantau kemungkinan virus masuk ke Indonesia.

"Saat kasus pertama di Indonesia diumumkan Presiden Jokowi, kami langsung melakukan skrining di rumah sakit," ujar Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group dalam teleconference Siloam Talk, Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat di Masa Pandemi, Kamis (30/4/2020).

Sejumlah langkah dilakukan rumah sakit ini, di antaranya memastikan seluruh RS Siloam dapat menampung pasien Covid-19, jika rumah sakit rujukan pemerintah tidak lagi cukup menampung.

Baca juga: Tes Corona Ini Diklaim Lebih Cepat Deteksi Virus Penyebab Covid-19

"Tidak hanya cukup menampung, tetapu juga harus bisa menampung secara aman. Karena kita juga punya pasien lain bukan Covid-19," kata Caroline.

Setiap rumah sakit dipastikan selalu melakukan skrining yang cukup ketat terhadap adanya potensi infeksi virus corona.

Selain itu, memastikan area untuk perawatan pasien Covid-19 juga terpisah dengan pasien umum. Dilengkapi juga dengan ventilasi dan peralatan medis yang terpisah atau berbeda.

"Sehingga mereka bisa berdiri sendiri dan kita bisa melakukan infection control dengan baik," jelas Caroline.

Baca juga: Masih Bingung Rapid Test Corona atau Tes PCR, Ini Penjelasan Ahli

Dengan angka infeksi dan pasien positif Covid-19 yang terus meningkat, apa yang sudah dipersiapkan dapat saja tidak mencukupi.

Oleh karena itu, kata Caroline, ada dua rumah sakit Siloam yang dibuka secara khusus untuk menangangi pasien dengan positif Covid-19, maupun dengan gejala tersebut, yakni RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.