Setelah Rapid Test, Tes PCR Diperlukan untuk Pastikan Virus Corona

Kompas.com - 03/04/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi rapid test virus corona ShutterstockIlustrasi rapid test virus corona


KOMPAS.com - Tes polymerase chain reaction ( PCR) digadang-gadang menjadi solusi akurat untuk menguji infeksi virus corona. Sebab, rapid test Covid-19 hanya menguji ada dan tidaknya virus.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Profesor Amin Soebandrio mengatakan rapid test sebetulnya hanya menguji antibodi pasien.

Tes ini hanya menguji, apakah seseorang memiliki infeksi virus corona atau tidak.

"Namun, jika hasilnya (rapid test) menunjukkan negatif, belum tentu orang yang bersangkutan tidak memiliki virus," kata Prof Amin kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Teknologi PCR Temuan Mullis untuk Hadapi Corona

Tingkat sensitivitas rapid test dalam menguji sampel virus, hanya sekitar 70 persen, meski beberapa menyebut sensitivitasnya dapat mencapai 90 persen.

Prof Amin mengatakan di masyarakat, rapid test dilakukan untuk mendeteksi orang-orang yang mungkin membawa virus corona, tetapi tidak memiliki gejala.

"Atau mereka yang memiliki gejala ringan (Covid-19). Jadi dengan rapid test ini, diharapkan bisa dideteksi," sambung dia.

Sedangkan tes PCR dapat dilakukan beberapa hari setelah rapid test corona.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Menurut WHO ini Rerata Waktu Penyembuhan Corona

Apabila seseorang terdeteksi positif, namun tidak memiliki gejala, atau hanya menunjukkan gejala ringan, maka orang tersebut akan diminta melakukan self quarantine (karantina mandiri).

Prof Amin menjelaskan karantina ini akan dilakukan selama 14 hari dan setelah itu, baru dilakukan tes PCR untuk lebih memastikan hasilnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X