Kompas.com - 30/04/2020, 17:33 WIB
Keluarga gorila gunung di Uganda John Downer ProductionsKeluarga gorila gunung di Uganda

KOMPAS.com - Kamera pengintai berhasil menangkap perilaku gorila gunung yang sedang bernyanyi dan juga kentut saat sedang makan malam.

Perilaku yang belum pernah terekam sebelumnya itu merupakan bagian dari film dokumenter berjudul Nature: Spy in the Wild 2.

Untuk keperluan pembuatan film, kru menggunakan sebuah robot yang dirancang terlihat seperti gorila muda. Lengkap dengan mata yang bisa bergerak dan berkedip.

Metode tersebut memungkinkan para kru untuk menyusup ke dalam kawanan dan melihat serangkaian perilaku sehari-hari gorila dari dekat.

Baca juga: Mengenaskan, Empat Gorila Langka di Uganda Mati Tersambar Petir

Film dokumenter Nature: Spy in the Wild 2 memperlihatkan bagaimana gorila berbaring di tengah dedaunan lebat di sebuah suaka di Uganda. Mereka tampak mengunyah daun dan batang sembari bersenandung dan menikmati makanannya.

Dan rupanya gorila tak hanya tertangkap kamera bernyanyi saja, rekaman juga menunjukkan bahwa di sela-sela makan, mereka juga kentut.

Sebelumnya, penelitian pada 2016 di hutan lindung di Republik Kongo menyebut kalau gorila memang bernyanyi saat makan.

Studi yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE tersebut juga mengungkapkan jika gorila dewasa lebih sering bernyanyi daripada gorila muda. Lalu, gorila jantan juga lebih banyak bersenandung dibanding gorila betina. Mereka biasanya akan melakukan itu saat makan tanaman.

Robot gorila mata-mata yang digunakan untuk pembuatan film dokumenter.John Downer Productions Robot gorila mata-mata yang digunakan untuk pembuatan film dokumenter.

Tantangan Melihat Gorila dari Dekat

Produser film dokumenter, Matt Gordon, mengaku ada tantangan untuk mengerjakan proyek ini. Ia harus menciptakan robot mata-mata realistis yang dapat mengecoh seekor gorila.

"Ini berarti robot harus ekspresif, terutama di sekitar mata. Komunikasi mata sangat penting di antara gorila," kata Gordon.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.