Katak ini Lahir dari Sperma Beku lewat Program Bayi Tabung, Kok Bisa?

Kompas.com - 22/04/2020, 17:31 WIB
Katak Olaf lahir dari metode bayi tabung dari sel sperma dan telur yang dibekukan dan dicairkan. Fort Worth ZooKatak Olaf lahir dari metode bayi tabung dari sel sperma dan telur yang dibekukan dan dicairkan.

 


KOMPAS.com - Amfibi berada di garis terdepan dalam melawan kepunahan. Namun, dengan menggunakan teknik bayi tabung, seekor katak lahir dari sperma yang dibekukan dan dicairkan.

Ada banyak spesies di Bumi yang berisiko mengalami kepunahan. Berbagai upaya dilakukan untuk bisa menyelamatkan spesies-spesies yang berisiko mengalami kepunahan.

Melansir The Guardian, Rabu (22/4/2020), katak Olaf menjadi spesies amfibi pertama yang lahir melalui In Vitro Fertilization (IVF) atau teknik bayi tabung dari sperma yang dibekukan dan dicairkan.

Katak ini adalah keturunan dari telur induk katak betina di penangkaran dan katak jantan liar, yang mana induk katak hibrida ini telah mati.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Katak Bernyanyi Usai Hujan?

"Kami dapat memulihkan garis keturunan genetik yang telah hilang, jadi kami dapat menghasilkan keturunan dari induk yang sudah mati," kata Andy Kouba, ahli ekologi di Mississippi State University.

Metode yang dilakukan para peneliti ini, kata Kouba, menjadi upaya menarik dalam memperkenalkan garis genetik spesies kembali ke populasi.

Para ilmuwan memiliki banyak cara untuk melestarikan spesies, kata Kouba, tetapi mereka masih perlu melakukan lindung nilai terhadap kepunahan di alam.

Salah satu caranya adalah dengan menyimpan garis keturunan genetik spesies dengan menyimpan dan membekukan sperma dan sel telur.

Baca juga: Ilmuwan AS Gunakan Sel Katak untuk Hidupkan Robot di Masa Depan

Selanjutnya, mencairkan sperma dan sel telur lalu menggabungkannya dalam cawan untuk menghasilkan keturunan.

Amfibi berada di garis depan dalam pertempuran berat melawan kepunahan, dan berpotensi kehilangan proporsi spesies yang lebih besar daripada kelompok vertebrata lainnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X