Ahli Perkirakan, Ekosistem Laut Dunia Akan Kembali Pulih pada 2050

Kompas.com - 03/04/2020, 18:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com – Sekelompok peneliti dari berbagai negara menyimpulkan bahwa ekosistem laut global akan kembali pulih pada 2050. Dengan catatan, ada kebijakan serta aksi nyata yang dilakukan secepat mungkin.

Penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Nature tersebut juga menekankan, manusia hanya memiliki waktu terbatas untuk bisa mewujudkan hal ini.

Naiknya temperatur, polusi air, dan tingkat keasaman laut yang meningkat sangat berefek buruk pada ekosistem lautan. Para peneliti di University of Hawaii Manoa menyebutkan sekitar 70-90 persen populasi koral dunia diperkirakan akan menghilang dalam waktu 20 tahun mendatang.

Baca juga: Temperatur Meningkat, Spesies Laut “Kabur” ke Wilayah Kutub

Sementara itu, para peneliti lain menggarisbawahi penurunan populasi ikan akibat perubahan iklim.

Ilmuwan setuju akan adanya intervensi dan aksi nyata yang dilakukan untuk mempertahankan populasi lautan. Misal, dengan tidak memburu paus bungkuk di Samudera Atlantik bagian Barat Daya.

Dalam jurnal tersebut, ditekankan bila angka pemulihan ekosistem laut bisa dicapai dalam skala global. Dengan perkiraan, pemulihan global akan tercapai sekitar dua atau tiga dekade mendatang apabila ada aksi nyata dan intervensi yang dilakukan.