Kompas.com - 02/04/2020, 20:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Bisa dibilang, perubahan iklim dan pemanasan global adalah mimpi buruk yang jadi kenyataan. Semua elemen pada Bumi harus beradaptasi dengan peningkatan temperatur, termasuk biota laut.

Baru-baru ini, peneliti dari beberapa universitas di Bristol dan Exeter menemukan fakta unik tentang perubahan perilaku hewan laut pasca-pemanasan global.

Penelitian tersebut menggunakan data dan jurnal yang dikumpulkan selama satu abad lamanya. Mereka meneliti 300 spesies burung laut dan hewan laut yang hidup di perairan di sekitar garis khatulistiwa.

Baca juga: Arus Laut Semakin Kencang Akibat Pemanasan Global, Apa Dampaknya?

Para peneliti menemukan bahwa populasi hewan ini semakin meningkat di wilayah kutub dan semakin sedikit jumlahnya di kawasan garis khatulistiwa.

Beberapa contohnya adalah ikan herring Atlantik (Atlantic herring) dan penguin Adelie. Kedua spesies ini dilaporkan berkurang jumlahnya di habitat mereka yaitu sekitar garis khatulistiwa, dan meningkat jumlahnya di sekitar wilayah kutub.

Koral warna-warni di Anilao, Batangas, FilipinaDok. Shutterstock/SARAWUT KUNDEJ Koral warna-warni di Anilao, Batangas, Filipina

Penelitian yang telah dimuat dalam jurnal Current Biology ini mengindikasikan bahwa pemanasan global telah berpengaruh terhadap pergerakan hewan laut.