Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker Saat Wabah Corona, Kenapa Ada Negara yang Pakai dan Tidak?

Kompas.com - 01/04/2020, 10:30 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Editor

KOMPAS.com - Ketika Anda bepergian keluar rumah tanpa mengenakan masker di Hong Kong, Seoul atau Tokyo, maka Anda akan mendapat tatapan heran.

Sejak awal mula wabah virus corona, warga di beberapa negara telah sepenuhnya mengenakan masker, dan siapa pun yang kedapatan tidak mengenakannya berisiko menjadi paria sosial.

Akan tetapi, di belahan dunia lain, dari Inggris dan Amerika Serikat hingga Australia dan Singapura, bepergian dengan wajah telanjang masih bisa ditolerir.

Mengapa warga beberapa negara mengenakan masker sementara yang lain menghindarinya? Hal ini bukan hanya berkaitan dengan arahan pemerintah dan saran medis - namun juga tentang budaya dan sejarah.

Namun, saat pandemi ini memburuk apakah hal itu akan berubah?

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Pahami Cara Pakai Masker yang Benar

Kata pemerintah tentang masker

Sejak wabah virus corona bermula, arahan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah sangat jelas. Hanya ada dua jenis orang yang harus mengenakan masker: mereka yang sakit dan menunjukkan gejala Covid-19, dan mereka yang merawat orang yang terduga terinfeksi virus corona.

Lainnya tidak perlu mengenakan masker, dan ada beberapa alasan mengenai hal itu.

Salah satuya adalah bahwa masker itu dipandang bukan sebagai perlindungan yang bisa diandalkan, mengingat penelitian saat ini menunjukkan virus menyebar melalui tetesan ludah dan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.

Jadi, masker bisa melindungi Anda, namun hanya dalam situasi tertentu seperti ketika Anda berada dalam jarak dekat dengan orang lain di lokasi di mana seseorang yang terinfeksi kemungkinan bersin atau batuk di dekat wajah Anda.

Baca juga: WHO: Sekali Lagi, Orang Sehat Tak Perlu Pakai Masker

Ini sebabnya para ahli mengatakan sering mencuci tangan dengan sabun dan air jauh lebih efektif.

Tanpa masker, membutuhkan perhatian khusus untuk menghindari kontaminasi tangan dan itu bisa menimbulkan rasa aman yang keliru.

Ilustrasi warga Malaysia memakai masker.LIM HUEY TENG/REUTERS Ilustrasi warga Malaysia memakai masker.

Namun di beberapa bagian Asia setiap orang sekarang memakai masker dalam kehidupan sehar-hari - ini dipandang lebih aman.

Di China daratan, Hong Kong, Jepang, Thailan dan Taiwan, asumsi luas yang diterima masyrakat bahwa siapa saja bisa menjadi pembawa virus, bahkan orang yang sehat.

Jadi, dalam semangat solidaritas, Anda perlu melindungi orang lain dari diri Anda sendiri.

Beberapa pemerintah mendesak semua warganya untuk mengenakan masker, dan di beberapa bagian di China, Anda bahkan bisa ditahan dan dihukum karena tidak mengenakan masker.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com