Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekan FKUI Tegaskan Masker untuk Pasien, Bukan Orang Sehat

Kompas.com - 06/03/2020, 17:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masker menjadi salah satu barang yang saat ini dicari banyak masyarakat setelah dua WNI dikonfirmasi positif Covid-19 atau virus corona Wuhan.

Hal ini secara tidak langsung menimbulkan kelangkaan masker di pasaran.

Padahal, Kementerian Kesehatan RI dan ahli medis selalu menegaskan bahwa yang perlu memakai masker adalah orang sakit dan mereka yang melakukan kontak dengan pasien.

"Gara-gara masker ini ditumpuk (pribadi), akhirnya orang yang membutuhkan masker tidak bisa pakai masker," kata Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Kamis (5/3/2020).

Ari mengingatkan kepada masyarakat bahwa tindakan seperti itu justru akan membuat keadaan bisa jadi lebih buruk daripada kekhawatiran dan kewaspadaan masyarakat itu sendiri.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Memperburuk Wabah Corona, termasuk Pemakaian Masker

Orang yang sakit perlu memakai masker untuk menghindari penyebaran virus dari penyakit yang dideritanya.

Selain orang sakit, mereka yang harus melakukan kontak dengan pasien seperti petugas medis dan perawat, juga membutuhkan masker untuk menghindari penularan dari faktor risiko utama.

"Seharusnya yang pakai masker itu yang sakit, tapi karena maskernya tidak ada jadi mereka enggak pakai masker, dan itu malah bisa menyebarkan virusnya," ujar dia.

Lalu apa yang harus dilakukan bagi kita yang sehat?

Ari mengatakan, saat berada di tempat umum sebaiknya orang sehat menjaga jarak minimal satu meter dari orang yang tampak sedang flu, batuk, dan pilek.

Jika memang tidak memungkinkan Anda menjaga jarak seminimal itu, barulah Anda bisa memakai masker sebagai perlindungan.

Namun, yang terpenting dalam menjaga diri agar tidak terinfeksi virus Corona dan virus penyakit lainnya adalah menjaga kesehatan tubuh dan imunitas diri.

Rutin cuci tangan dengan sabun, makan dan minuman bergizi seimbang, jaga kebersihan dan pola gaya hidup yang sehat adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri.

Baca juga: Heboh Covid-19 di Indonesia, Ketahui Bahaya Keseringan Pakai Hand Sanitizer

Ari juga mendukung tindakan pemerintah yang saat ini sudah melakukan sidak pasar untuk mencari oknum yang sengaja menimbun masker dan menjual dengan harga tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com