Fenomena Langit Bulan Ini: Mulai Supermoon hingga Hujan Meteor Lyrids

Kompas.com - 01/04/2020, 10:00 WIB
Hujan meteor Lyrid 2013 Hujan meteor Lyrid 2013

KOMPAS.com - Selama April 2020 ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) telah memprediksi tiga fenomena langit yang dapat dilihat dari langit Indonesia

Saat dihubungi Kompas.com, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Dr. Emanuel Sugging Mumpuni menyebutkan, ketiga fenomena langit itu adalah Supermoon, Bulan Baru, dan Hujan Meteor Lyrids.

Tidak ada wilayah yang khusus untuk melihat fenomena langit ini.

Namun diakui Emanuel, bagaimana ketiga fenomena langit itu muncul nantinya tetap dipengaruhi oleh keadaan cuaca.

Mungkin, saat langit cerah kita bisa melihat fenomena itu dengan apik. Namun kalau sedang hujan atau banyak polusi cahaya, ketiga fenomena langit itu bisa tidak tampak sama sekali.

Baca juga: Fenomena Langit Bulan Ini: 4 yang Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

"Bisa, if weather permit (jika cuaca mengizinkan atau bagus)," kata Emanuel, Senin (30/3/2020).

Berikut penjelasan untuk ketiga fenomena langit yang dapat kita saksikan bulan ini.

Fenomena langit bulan ini

Supermoon

Fenomena alam Supermoon terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/2/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir fenomena Supermoon kali ini atau disebut juga Super Snow Moon terjadi saat bulan berada pada titik perige terdekat yakni 363.300 km dari bumi sehingga bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama.ANTARA FOTO/MOHAMAD HAMZAH Fenomena alam Supermoon terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/2/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir fenomena Supermoon kali ini atau disebut juga Super Snow Moon terjadi saat bulan berada pada titik perige terdekat yakni 363.300 km dari bumi sehingga bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama.

Supermoon adalah fenomena bulan purnama yang tampak besar sekali.

Pada kondisi Supermoon, bulan akan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari. Wajah bulan akan sepenuhnya diterangi oleh cahaya matahari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X