BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Selama Pancaroba Maret-Mei 2020

Kompas.com - 28/03/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem ShutterstockIlustrasi cuaca ekstrem

KOMPAS.com - Akhir Maret hingga awal Mei 2020, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan memasuki periode pancaroba, yaitu peralihan musim dari penghujan menuju kemarau.

Prediksi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer.

Dijelaskan oleh pelaksana tugas Deputi Bidang Meteorologi Dr Widada Sulistya DEA, saat pancaroba, perubahan kondisi cuaca secara umum relatif lebih cepat.

Perubahan kondisi itu bisa berupa cerah dan berawan serta panas terik pada pagi hingga siang, tetapi kemudian berubah jadi hujan berintensitas tinggi pada siang hingga sore hari.

Baca juga: Puncak Musim Kemarau 2020 Diprediksi Agustus, Ini Rekomendasi BMKG

"Kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan es, banjir bandang, angin kencang lebih dari 45 km per jam dalam durasi singkat," kata Widada dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan dinamika atmosfer terkini, BMKG memprakirakan bahwa pada tanggal 28 hingga 31 Maret 2020, potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah berikut:

- Pesisir barat Sumatera

- Jawa Barat

- DKI Jakarta

- Jawa Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X