Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Ada Efek Samping Makan Bawang Bombay?

KOMPAS.com - Bawang bombay (Allium cepa) merupakan tanaman kuliner sekaligus tanaman obat. Tanaman ini berasal dari genus Allium bersama dengan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang.

Bawang telah digunakan oleh orang Romawi, Yunani, dan banyak kebudayaan lainnya selama ribuan tahun sebagai makanan dan obat untuk berbagai penyakit.

Terlebih lagi, penggunaan bawang sebagai obat herbal mengarahkan penelitian modern untuk menemukan banyak manfaat pengobatannya. Misalnya, bawang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antitrombotik, antikanker, dan antioksidan.

Efek samping makan bawang bombay

Bawang bombay cukup aman untuk dikonsumsi dan jarang sekali bawang bombay dapat membahayakan kesehatan.

Namun, jika seseorang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau jika bawang dikonsumsi secara berlebihan, mungkin efek sampingnya lebih mungkin dialami.

Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi bawang bombay.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang bombay dapat memperlambat pembekuan darah. Oleh sebab itu, konsumsi bawang bombay sebagai ekstrak atau suplemen harus dihindari jika memiliki gangguan pendarahan.
  • Penelitian pada hewan dan uji klinis tertentu menunjukkan bahwa bawang bombay dapat menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, pantau kadar gula darah secara rutin jika mengonsumsi suplemen bawang dan obat anti diabetes.
  • Karena bawang bombay dikaitkan dengan kadar glukosa darah yang lebih rendah dan kecenderungan pendarahan, lebih baik hindari suplemen tersebut sebelum operasi. Selalu informasikan pada dokter sebelum mengonsumsi obat atau suplemen apa pun, termasuk suplemen bawang merah, sebelum operasi.

https://www.kompas.com/sains/read/2024/01/04/123000323/apakah-ada-efek-samping-makan-bawang-bombay-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke