Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Manfaat Konsumsi Ubi Jalar?

KOMPAS.com - Ubi jalar menjadi salah satu bahan pangan yang cukup mudah diperoleh dan terjangkau harganya.

Sayangnya, ubi jalar terkadang kalah pamor dengan bahan pangan lainnya, misalnya saja terigu.

Padahal ubi jalar punya segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, mulai dari kaya akan kandungan antioksidan hingga berbagai vitamin dan serat.

Manfaat ubi jalar

Itu masih beberapa saja karena masih ada manfaat lain saat kita mengonsumsinya, apa saja? Berikut penjelasan manfaat ubi jalar bagi kesehatan.

  • Baik untuk kesehatan usus

Dikutip dari Very Well Health, Selasa (31/10/2023) penelitian menemukan, serat makanan pada ubi jalar baik untuk kesehatan usus.

Penelitian menemukan, serat makanan dalam ubi jalar bertindak sebagai prebiotik. Prebiotik merangsang pertumbuhan bakteri usus yang sehat dan membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Secara tradisional, manfaat ubi jalar pun juga diandalkan untuk mengatasi diare dan masalah perut lainnya.

  • Anti kanker

Penelitian menemukan, ubi jalar memiliki manfaat antikanker. Dalam sebuah penelitian ditemukan, ubi jalar ungu dapat menghambat pertumbuhan jenis sel kanker.

Di antaranya seperti kanker payudara, kanker lambung, dan adenokarsinoma usus besar atau sejenis kanker yang memengaruhi kelenjar.

  • Kesehatan mata

Ubi jalar mengandung bahan kimia polifenol yang melindungi kesehatan mata dan retina.

Penelitian menemukan bahwa antosianin yang ditemukan dalam ubi jalar memiliki respons anti inflamasi pada permukaan mata dan dapat mengobati penyakit mata, termasuk sindrom mata kering.

  • Meningkatkan daya ingat

Manfaat potensial lain dari ubi jalar adalah pengaruhnya terhadap daya ingat.

Kendati penelitian pada manusia mengenai hal ini masih kurang, namun beberapa penelitian pada hewan menemukan manfaat ubi jalar yang memiliki efek dalam meningkatkan daya ingat.

Sebuah tinjauan menemukan, ekstrak ubi jalar meningkatkan pembelajaran spasial dan memori pada model tikus dan bahkan memperbaiki gangguan memori.

Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan hasil studi ini bisa diterapkan pada manusia.

  • Kekebalan tubuh

Sementara itu dilansir dari Healthline, ubi jalar berwarna oranye merupakan salah satu sumber alami beta karoten, senyawa nabati yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Itu juga merupakan kunci untuk menjaga kesehatan pada lapisan usus. Usus adalah tempat tubuh Anda terpapar banyak patogen potensial penyebab penyakit.

Oleh karena itu, usus yang sehat merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan, kekurangan vitamin A meningkatkan peradangan usus dan mengurangi kemampuan sistem kekebalan untuk merespons potensi ancaman dengan baik.

Belum ada penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah ubi jalar secara khusus berpengaruh terhadap kekebalan tubuh, namun mengonsumsinya secara teratur dapat membantu mencegah dari kekurangan vitamin A.

  • Anti inflamasi

Manfaat mengonsumsi makanan, seperti ubi jalar, yang tinggi antioksidan adalah cara terbaik untuk mengendalikan peradangan secara alami.

  • Kesehatan jantung

Serat dalam ubi jalar sangat baik untuk jantung. Pola makan sehat yang mencakup serat yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Itu karena serat makanan berikatan dengan asam empedu, mencegah reabsorpsi di hati dan menghambat pembentukan kolesterol.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/10/31/160000323/apa-saja-manfaat-konsumsi-ubi-jalar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke