Salin Artikel

Berapa Banyak T-rex yang Hidup di Bumi Sebelum Punah?

KOMPAS.com - Ilmuwan menghitung jumlah populasi Tyrannosaurus rex atau T.rex yang pernah hidup di Bumi sebelum mereka punah.

Prediksi baru menunjukkan ternyata ada lebih sedikit jumlah individu T-rex yang menjelajah planet dari yang diperkirakan selama ini.

Jadi, berapa banyak T-rex yang pernah hidup di Bumi sebelum punah?

Peneliti menyebut jumlah populasi T-rex yang hidup di Bumi, mendekati angka 1,7 miliar sepanjang sejarah Bumi, sedangkan temuan studi sebelumnya memperkirakan ada 2,5 miliar T-rex yang hidup di planet antara 68 hingga 65,5 juta tahun yang lalu.

Ahli ekologi evolusioner dari Johannes Gutenberg University of Mainz di Jerman, Eva Griebeler adalah orang di balik perhitungan baru jumlah T.rex yang pernah hidup di Bumi.

Perbandingan studi jumlah T-rex

Dikutip dari Live Science, Kamis (18/5/2023) studi populasi T-rex sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2021.

Studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal Science, dan dilakukan oleh sekelompok tim peneliti yang dipimpin oleh Charles Marshall, ahli paleontologi dari University of California, Berkeley.

Untuk menghitung jumlah populasi T-rex, ia menciptakan model kompleks yang memperhitungkan sejumlah variabel berbeda.

Variabel tersebut antara lain massa tubuh rata-rata, kepadatan populasi, perkiraan kisaran geografis, usia kematangan seksual, jumlah telur yang diletakkan, umur, dan lain sebagainyanya.

Untuk memperkirakan berapa banyak populasi T-rex yang dapat bertahan hidup berdampingan satu sama lain, Marshall mengungkapkan setiap generasi Tyrannosaurus rex kemungkinan besar terdiri dari sekitar 20.000 individu dan ada sekitar 125.000 generasi dalam 2,5 juta tahun keberadaannya.

Artinya, dengan model perhitungan ini, jika total, sedikitnya ada 2,5 miliar T-rex yang pernah hidup di Bumi sebelum mereka punah.

Namun Gribeler tidak sepakat dengan beberapa data yang dimasukkan ke dalam model lama.

Dia percaya tim Marshall melebih-lebihkan tingkat kelangsungan hidup dan kemampuan bertelur T. rex, serta jumlah generasi yang ada selama ini, yang hasilnya menyimpang.

Penelitian Griebeler dengan model yang diperbarui dengan mempertimbangkan informasi yang diabaikan, kemudian menemukan ada 19.000 individu di setiap generasi T-rex dan hanya ada sekitar 90.000 generasi yang berarti jumlah maksimum Tyrannosaurus rex yang ada adalah 1,7 miliar.

Studi baru tentang banyaknya populasi T-rex ini kemudian dipublikasikan 18 April 2023 di jurnal Palaeontology.

Populasi T-rex sebelum punah

Terlepas dari jumlah pasti populasi dinosaurus karnivora ini, kedua studi tersebut menimbulkan pertanyaan menarik, yakni di mana semua fosil T-rex itu?

Jika prediksi Griebeler benar, berarti kita hanya menemukan sisa 0,0000002 persen dari dinosaurus raksasa tersebut. Ini adalah pertanyaan penting yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Pemahaman mengenai dinosaurus predator ini memang terus berubah. Dalam beberapa tahun terakhir banyak penemuan tentang spesies tersebut dan mengubah apa yang telah kita ketahui sebelumnya.

Contohnya saja penelitian di tahun 2022 memperkirakan bahwa T-rex terbesar yang pernah berjalan di Bumi berukuran 70 persen lebih besar daripada fosil T-rex terbesar yang pernah ditemukan.

Pada April 2021, kelompok lain mengungkapkan kecepatan maksimum T-rex saat berlari, kemungkinan besar  bisa mencapai sekitar 5km/jam atau kira-kira sama dengan kecepatan manusia berjalan.