Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih Tujuh Mal Terindah di Dunia, Ada yang Langit-langitnya Kaca Patri Luas

Kompas.com - 18/05/2024, 15:17 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Mal atau pusat perbelanjaan tidak hanya menyajikan beragam merek dan produk. Melainkan juga menyuguhkan pengalaman belanja yang berkesan.

Salah satu bentuk pengalaman belanja yang berkesan yakni memperoleh kesenangan saat menyusuri bangunan mal.

Apalagi jika mengunjungi pusat perbelanjaan di beberapa negara ini, Anda akan takjub dengan arsitektur serta desain bangunannya.

Dikutip dari situs Architectural Digest, tersaji tujuh mal terindah di dunia. Daya tariknya mulai dari langit-langit kaca patri yang luas, penataan tangga menarik, lampu gantung cemerlang, dan sebagainya.

1. Galleria Vittorio Emmanuele II di Milan, Italia

Terletak di antara dua monumen Milan, Duomo, dan Teatro all Scala, Galleria Vittorio Emmanuele sama menakjubkannya dengan tetangganya yang terkenal.

Ditandai dengan atap berkubah dari kaca dan tong besi, pusat perbelanjaan ini berbentuk seperti salib.

Baca juga: Jakarta Tambah Dua Mal Baru Tahun 2024, Agora dan Menara Jakarta

Dibangun antara tahun 1865 dan 1877, galeri ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di Italia dan dirancang oleh Giuseppe Mengoni.

Galeries Lafayette di Paris, PrancisDok. Galeries Lafayette Paris Galeries Lafayette di Paris, Prancis

2. Galeries Lafayette di Paris, Prancis

Jaringan department store kelas atas, Anda dapat menemukan Galeri Lafayette di seluruh Eropa. Namun, lokasi yang paling terkenal adalah andalannya di Boulevard Haussmann di Paris.

Banyak seniman dan desainer terkenal mengerjakan bangunan tersebut, termasuk Ferdinand Chanut, yang mengawasi sebagian besar desainnya, yang terkenal dengan langit-langit kubah kaca dan baja serta tangga Art Nouveau.

Dengan luas 750.000 kaki persegi, toko ini mengklaim bahwa ini adalah monumen kedua yang paling banyak dikunjungi di Paris, kedua setelah Menara Eiffel.

Le Bon Marché di Paris, Prancis.Dok. Le Bon Marché Le Bon Marché di Paris, Prancis.

3. Le Bon Marché di Paris, Prancis

Le Bon Marché didirikan pada tahun 1838, meskipun dirancang ulang oleh pengusaha Prancis Aristide Boucicaut dan istrinya, Marguerite, pada tahun 1852.

Didesain oleh arsitek Louis-Charles Boileau dan insinyur Gustave Eiffel, toko ini dianggap sebagai department store pertama di dunia.

Menurut LVMH, induk perusahaan toko ini, keluarga Boucicaut ingin menciptakan "jenis toko baru yang akan menggetarkan seluruh indera".

Harrods di London, Inggris.Dok. Harrods Harrods di London, Inggris.

4. Harrods di London, Inggris

Meskipun sekarang menjadi salah satu department store paling terkenal di dunia, Harrods sebenarnya dimulai sebagai toko kelontong pada tahun 1849.

Terletak di sebelah selatan Hyde Park, toko ini sekarang memiliki 300 departement store, 20 restoran, salon kecantikan, dan bank.

Baca juga: Living World Kota Wisata, Mal Terbesar di Timur Jakarta Resmi Dibuka

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com