Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lima Negara Asal WNA Paling Banyak Incar Properti di Indonesia

Kompas.com - 18/05/2024, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Warga negara asing (WNA) sudah mulai banyak yang melirik properti di wilayah Indonesia.

Berdasarkan catatan Rumah123, pertumbuhan permintaan properti dari WNA pada tahun 2023 mengalami perkembangan pesat dibandingkan tahun 2022.

Sepanjang tahun 2023, lima negara asal WNA yang mencari properti di Indonesia didominasi dari Singapura 21,9 persen, Amerika Serikat 16,1 persen, Australia 11,8 persen, Malaysia 8,9 persen, dan Jepang 4,0 persen.

Lalu disusul 14 negara lain, meliputi Taiwan, Kamboja, Hong Kong, Korea Selatan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Thailand, Kanada, Filipina, Turki, India, Qatar, China, dan Selandia Baru.

Rumah123 juga mencatat, secara umum jenis properti yang paling dicari WNA di Indonesia selama tahun 2023 adalah rumah tapak, tanah, dan apartemen.

Minat pencarian WNA dari sejumlah negara terhadap rumah tapak berkisar antara 47,4 persen hingga 68 persen. Sedangkan pencarian tanah sekitar 6,7 persen hingga 21,8 persen, dan pencarian apartemen pada level 9,7 persen sampai 25 persen.

Baca juga: Tiga Kota Ini Paling Diminati WNA saat Berburu Properti di Indonesia

Beberapa negara asal WNA mencatatkan proporsi pencarian apartemen yang lebih tinggi, seperti Korea Selatan 19 persen, Thailand 17,8 persen, Kanada 18,9 persen, India 25 persen, dan China 22,4 persen.

Dari data ini juga terlihat bahwa pencari properti asal China cenderung berbeda dengan negara lainnya karena mencatatkan proporsi pencarian gudang yang cukup tinggi sebesar 7,4 persen, dibandingkan dari negara lain yang berkisar 0,3 persen-2,7 persen.

Adapun terdapat 10 wilayah paling diminati pencari properti berkebangsaan asing, dengan Jakarta Selatan, Badung, dan Tangerang menduduki popularitas tertinggi.

Baru kemudian diikuti oleh Bandung, Jakarta Barat, Batam, Jakarta Utara, Denpasar, Jakarta Pusat, dan Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com