Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Dampak Gerhana Bulan Penumbra terhadap Bumi?

KOMPAS.com - Gerhana Bulan Penumbra 2023 di Indonesia akan terjadi malam ini, Jumat (5/5/2023) mulai pukul 22.12 WIB. Lantas, apakah ada dampak gerhana bulan terhadap Bumi?

Puncak Gerhana Bulan Penumbra untuk wilayah Indonesia bagian barat akan terjadi pada pukul 00.22 WIB dan dapat disaksikan di seluruh wilayah.

Peneliti Ahli Pertama Pusat Riset Antariksa BRIN, Ayu Dyah Pangestu mengatakan bahwa secara umum, fenomena gerhana bulan, termasuk Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat bulan purnama.

"Karena gerhana bulan terjadi saat purnama, maka dampak fenomena ini ada kaitannya dengan pasang surut air laut," kata Ayu.

Dampak Gerhana Bulan Penumbra

Selama fenomena alam gerhana bulan berlangsung, dampak yang terjadi di Bumi yang lebih adalah pasang surut air laut.

Berikut beberapa dampak gerhana bulan yang dapat terjadi terhadap Bumi.

  • Gerhana bulan menyebabkan pasang air laut

Mengingat fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat bulan purnama, Ayu mengungkapkan bahwa kondisi bulan tersebut turut menyebabkan terjadinya air laut pasang.

Dilansir dari National Ocean Service NOAA, dampak gerhana bulan dan pasang surut air laut terjadi karena daya tarik atau gravitasi Bulan yang besar saat purnama, kendati Matahari juga dapat menghasilkan dampak yang sama.

Kekuatan daya tarik gravitasi Matahari mungkin hanya setengah dari daya tarik Bulan.

Namun, saat Matahari, Bulan dan Bumi sejajar yang menyebabkan bulan purnama, maka kekuatan daya tarik Matahari akan menguatkan efek gravitasi Bulan dalam menyebabkan pasang surut air laut.

Ketika tarikan gravitasi Matahari dan Bulan digabungkan, maka pasang naik dan surut air laut dapat lebih ekstrem.

  • Gerhana bulan mempengaruhi perilaku hewan

Seperti dikutip dari Space, selama berabad-abad, dampak fenomena gerhana bulan diyakini dapat mempengaruhi perilaku satwa liar.

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2010 oleh Departemen Antropologi University of Pennsylvania menunjukkan perubahan nyata pada aktivitas burung hantu selama terjadinya gerhana bulan.

Para peneliti menunjukkan dalam studi ini, penyebab perubahan perilaku hewan ini dikarenakan oleh tingkat cahaya yang berubah selama fenomena gerhana bulan berlangsung.

Lantas, apakah ada dampak fenomena Gerhana Bulan Penumbra pada manusia?

Terkait hal ini, NASA menyatakan bahwa hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa gerhana bulan dapat memiliki dampak fisik pada manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/05/05/182900023/apakah-dampak-gerhana-bulan-penumbra-terhadap-bumi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke