Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Temukan Kupu-kupu Gunakan Ekornya untuk Hindari Pemangsa

KOMPAS.com - Tim peneliti di Museum National d'Histoire Naturelle dalam sebuah studi telah menemukan bukti yang menunjukkan kupu-kupu menggunakan ekornya untuk bertahan hidup, yakni menghindari pemangsa. 

Ekor kupu-kupu itu digunakan sebagai pengalih perhatian pemangsa dari bagian tubuh kupu-kupu yang vital.

Dalam studi yang dipublikasikan di Proceedings of the Royal Society B, tim peneliti menjelaskan bagaimana kesimpulan itu didapat setelah melakukan eksperimen dengan burung dan kupu-kupu di laboratorium mereka.

Seperti dikutip dari Phys, Senin (20/6/2022) di alam liar, burung dan kelelawar mengejar dan menangkap kupu-kupu sebagai sumber makanan mereka.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ekor kupu-kupu telah berevolusi secara independen di banyak spesies kupu-kupu dan ngengat. 

Akan tetapi mengapa kupu-kupu memiliki ekor, peneliti belum punya jawaban.

Hingga akhirnya peneliti mencurigai bahwa kupu-kupu menggunakan ekornya dengan cara yang mirip dengan kadal, yaitu sebagai umpan.

Untuk mengetahui kupu-kupu gunakan ekornya untuk hindari pemangsa, peneliti pun memulai studi mereka dengan menangkap dan melepaskan 65 kupu-kupu Swallowtail.

Masing-masing diperiksa kerusakan ekor atau sayap kupu-kupu. Peneliti menemukan bahwa 41 persen mengalami kerusakan termasuk pada ekor.

Peneliti kemudian melanjutkan eksperimennya dengan menempatkan kupu-kupu tiruan (sayap kupu-kupu asli yang direkatkan ke tubuh palsu) di dalam sangkar bersama dengan burung tit, yang merupakan predator utama kupu-kupu.

Untuk merekam pergerakan kupu-kupu dan burung, peneliti menggunakan kamera berkecepatan tinggi.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa 43 dari 59 serangan pada kupu-kupu terjadi di ekor.

Peneliti juga menemukan pembuluh darah di ekor merupakan yang paling rapuh sehingga memungkinkan bagian tersebut terlepas dengan sangat mudah seperti ekor kadal.

Hal ini pun membuat peneliti menyimpulkan bahwa kupu-kupu menggunakan ekor mereka sebagai alat pengalih perhatian dari burung atau kelelawar agar tak meraih bagian tubuh utama mereka.

Sebaliknya, pemangsa akan mengejar ekor kupu-kupu yang akan berakhir pada perburuan sia-sia selain bagian ekor yang patah.

Mekanisme pertahanan diri ini pun memungkinkan kupu-kupu bertahan hidup dari serangan pemangsa.

Selanjutnya, peneliti berencana untuk mencari tahu dampak apa yang terjadi setelah kupu-kupu kehilangan ekornya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/21/073000823/studi-temukan-kupu-kupu-gunakan-ekornya-untuk-hindari-pemangsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke